Pantai-di-yogyakarta.
Uncategorized

5 Rekomendasi Pantai di Jogja dengan Pemandangan yang indah !

Mpokbela.com – Jika berbicara tentang liburan, pantai di Yogyakarta tentu akan langsung terbayang dalam benak para traveler. Bukan hanya pesonanya yang berhasil menyihir para pelancong, tetapi kisah yang ada pada pantainya juga seakan memiliki daya tariknya sendiri. Berikut ini beberapa pantai di Jogja yang sangat wajib untuk ada dalam daftar liburan Anda.

Pantai di Yogyakarta

1. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis merupakan sebuah pantai yang ada pada wilayah Bantul, Yogyakarta. Pantai ini menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat cocok untuk Anda nikmati saat menjelang senja. Pasalnya cahaya berwarna jingga akan mewarnai langit sore pantai Parangtritis bak film-film cinta.

Meski pihak pengelola tidak mengizinkan untuk berenang, Anda tetap dapat menikmati suasana pantai dengan mengendarai kuda. Selain itu, pantai Parangtritis sangat terkenal dengan mitosnya tentang Nyi Roro Kidul sebagai penguasa laut selatan yang memiliki ageman berwarna hijau.  

Oleh sebab itu, pastikan untuk tidak menggunakan baju berwarna hijau. Mitosnya, orang yang memakai baju tersebut akan hilang tertelan oleh ombak pantai selatan.

Alamat : Jl. Parangtritis Km. 28 Parangtritis Yogyakarta

2. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti merupakan pantai di Jogja yang juga memiliki pesonanya tersendiri.  Pantai ini terkenal dengan pesona pantainya yang memukau. Banyak pelancong yang setuju jika pantai ini menjadi pantai paling indah dan romantis dari pantai jogja lainnya.

Asal penamaan pantai tersebut adalah berasal dari pemilik restoran yang dekat dengan pantai. Pemilik resto tersebut memiliki nama Indra dan Yanti. Meski demikian, nama resmi yang pemerintah gunakan adalah pantai Pulang Sawal.

Alamat : Desa Tepus, kecamatan Tepus, kabupaten Gunung Kidul di wilayah DIY Yogyakarta.

3. Pantai Siung

Jika Anda menyukai wisata pantai yang memiliki kontur tanah tebing tinggi, Pantai Siung merupakan adalah pilihan yang sangat tepat. Dengan lanskapnya yang unik tersebut, Anda juga bisa menikmati fasilitas panjat tebing.

Pantai tersebut berada di balik tebing yang berada pada dataran tinggi Gunung Kidul. Jika ingin berkunjung ke pantai ini, ada baiknya untuk menggunakan kendaraan pribadi. Pasalnya medan pantai ini sangatlah menantang. Perjalanan ke pantai ini berjarak sekitar 70 km dari pusat kota dengan durasi perjalanan hingga 2 hingga 3 jam perjalanan.

Alamat : Duwet, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Baca Juga : Hobi Camping? 7 Peralatan Ini Wajib Ada di Daftar Anda!

4. Pantai Timang

Pantai Timang merupakan sebuah pantai yang juga terletak pada wilayah di balik dataran tinggi Gunung Kidul. Karakteristik dari pantai ini juga tidak jauh berbeda dengan pantai lainnya yang memiliki tebing dan juga karang.

Keistimewaan dari salah satu pantai di jogja pantai ini ada pada fasilitas gondola yang ada pantai tersebut dan dapat pelancong nikmati. Anda dapat memacu adrenalin dengan mengendarai gondola saat pantai sedang pasang. Anda dapat merasakan terpaan ombak pada gondola tersebut ketika air laut meninggi.

Alamat : Jl. Pantai Sel. Jawa, Pantai, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

5. Pantai Nglambor

Jika pantai yang lainnya tidak mengizinkan para pengunjung untuk berenang, hal yang berbeda akan Anda rasakan pada Pantai Nglambor. Pantai ini menyuguhkan fasilitas snorkling untuk para wisatawannya.

Selain itu, keindahan pantai tersebut juga akan tampak dari kedua bukit yang menutupi pantai tersebut. Anda dapat menaiki bukit tersebut untuk berswafoto atau sekedar melihat suasana pantai dari ketinggian.

Pantai Nglambor juga merupakan salah satu dari sekian banyak pantai Gunung Kidul yang ada di Jogja. Oleh karena itu, jangan terkejut dengan medan yang sulit untuk sampai ke pantai ini.

Alamat : Dusun Ngandong, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Daerah Istimewa Yogyakarta

Itu tadi 5 pantai di Yogyakarta yang dapat Anda nikmati saat berkunjung ke provinsi tersebut. Pantai dapat menjadi pilihan untuk melepas penat dari hiruk-pikuk perkotaan.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *