Lifestyle Relationship Tips

8 Benda yang Biasa Dibawa dalam Hantaran Pernikahan dan Maknanya

Benda yang Biasa Dibawa dalam Hantaran Pernikahan dan Maknanya, Baca Selengkapnya di Sini!

√ Checklist Macam-Macam Barang Hantaran Pernikahan Lengkap
Sumber: Cepet Nikah

Benda hantaran pernikahan memang seringkali membingungkan untuk dipilih. Hantaran pernikahan sendiri merupakan simbol kesanggupan seorang pria untuk mencukupi kehidupan wanita yang akan dinikahinya. Barang – barang yang menjadi hantaran pernikahan memiliki makna serta doa untuk kesejahteraan kedua calon pengantin dikemudian hari. 

Dalam hal pemilihan barang untuk hantaran pernikahan, calon pengantin wanita bisa meminta dan memilih langsung sendiri benda – benda yang ingin dibawa saat pernikahan nanti. Dengan demikian, benda – benda yang dibawa benar – benar sesuai dengan kemauan dan kebutuhan calon istri. 

Kira – kira apa saja hantaran pernikahan yang harus dibawa? Berikut ini benda – benda yang biasanya dibawa sebagai hantaran pernikahan.

Al Quran Dan Seperangkat Alat Sholat

Mahar Seperangkat Alat Sholat, Ada Maknanya - V&CO Jewellery News
Sumber: V&Co Jewellry

Kedua benda ini masuk dalam daftar wajib dalam hantaran pernikahan bagi pasangan Muslim. Biasanya dalam kotak hantaran berisi Al Quran, mukena, sajadah, dan tasbih. Benda – benda tersebut melambangkan bahwa pernikahan yang dilakukan harus bertumpu pada nilai – nilai agam. 

Set Perhiasan

10 Contoh Hantaran Pernikahan Modern dan Mewah, Bisa Jadi Inspirasi! – Blog  Mamikos
Sumber: Mamikos

Adanya set perhiasan dalam kotak hantaran pernikahan dimaknai agar wanita yang merupakan calon istri selalu bersinar dan berkilau sepanjang hidupnya. Bagi para pria, usahakan untuk memberikan perhiasaan yang terbuat dari emas atau berlian agar makna yang dibawa melalui barang ini terkabulkan. Itupun jika calon mempelai pria mampu. 

Set Cincin Pernikahan

Tips Memilih Cincin Nikah yang Awet dan Berkualitas - Serustic
Sumber: Serustic

Masukkan set cincin pernikahan dalam kotak hantaran pernikahan agar ikatan cinta berumur abadi. Adanya benda ini dalam hantaran pernikahan merupakan wujud doa pengikat kedua pasangan agar selalu hidup rukun bersama hingga maut memisahkan. 

Setelan Pakaian 

Yuk, Hias Seserahan Pakaian Dalam Menjadi 8 Rekomendasi Bentuk yang Unik Ini
Sumber: BP Guide

Ada berbagai jenis setelan pakaian yang bisa diberikan calon pengantin pria kepada calon istrinya seperti pakaian kerja, pakaian tidur, atau bahkan pakaian dalam. Simbol dibalik adanya benda ini dalam kotak hantaran pernikahan diharapkan agar rahasia rumah tangga pasangan bisa disimpan dengan baik.

Makeup Dan Skincare

DIY TUTORIAL SESERAHAN/HANTARAN MAKE UP, SKIN CARE, & PARFUM (SEPHORA,  CORSEX, HERMES) - YouTube
Sumber: Youtube

Setiap wanita tentu sangat menyukai benda dalam kotak hantaran pernikahan yang satu ini. Adanya benda ini dalam kotak hantaran juga menyimpan doa yang baik. Produk makeup dan skincare yang baik untuk wajah dan tubuh ini bertujuan agar calon istri bisa menjaga penampilan dan selalu tampil cantik didepan pasangannya. 

Baca juga: 5 Lagu yang Cocok untuk Wedding Agar Pernikahan Manis

Alas Kaki Dalam Berbagai Jenis Dan Tas 

15 Macam-Macam Barang Hantaran Pernikahan - parasayu.net
Sumber: Parasayu.net

Entah memasukkan sepatu, sandal, selop, dan lain sebagainya, adanya benda ini dalam hantaran pernikahan memiliki makna agar kedua pihak bisa menjalani kehidupannya bersama dengan langkah yang mantap dan dijalan yang benar. Alas kaki ini biasanya selalu disertakan dengan tas. 

Namun tas bisa berada dalam satu nampan sendiri. Benda dalam hantaran pernikahan ini memiliki makna yang berbeda dengan sepatu, yaitu menjadi simbol bahwa calon suami mampu menafkahi segala keperluan pasangannya, termasuk membelikan aksesori yang satu ini. 

Makanan Tradisional

Ini Maknanya! Makanan Tradisional Jawa Yang Ada Di Seserahan
Sumber: Jooneechees

Makanan tradisional yang dipilih sebagai hantaran pernikahan biasanya memiliki tekstur basah dan lengket seperti kue lapis, lemper, jenang, dan lain sebagainya. Menyertakan kue ini dalam hantaran pernikahan diyakini sebagai harapan agar kedua pihak selalu lengket hingga akhir hayat. Selain itu, agar silaturahmi antar kedua keluarga besar kedua mempelai berlangsung dengan baik selamanya. 

Daun Sirih Atau Suruh Ayu

Seserahan Pernikahan Adat Jawa Lengkap dengan Maknanya
Sumber: Titipbeliin

Daun sirih memang tidak termasuk dalam kebutuhan dasar wanita. Namun, disertakannya daun ini dalam hantaran pernikahan dipercaya sebagai doa untuk keselamatan serta kebahagiaan calon mempelai untuk kehidupan baru yang akan mereka arungi. 

Buah – Buahan 

Tiga Makanan Wajib Ada di Hantaran Pernikahan : Okezone Lifestyle
Sumber: Lifestyle Okezone

Buah – buahan yang biasanya dimasukkan dalam hantaran seserahan antara lain jeruk, pisang, apel, dan anggur. Makanan alam kaya gizi ini menjadi simbol harapan bagi kedua calon mempelai agar nantinya bisa menghasilkan buah yang berlimpah bagi orang – orang di sekitarnya. 

Baca juga: Rekomendasi 6 Produk Body Lotion Yang Wanginya Tahan Lama

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *