susu-bayi
Parenting

Mau Beli Susu Bayi? Berikut Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan

Mpokbela.com – Mungkin ada beberapa bayi akan menolak saat diberi susu formula karena dia sudah terbiasa dengan ASI.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa mencampur ASI dengan susu formula. Kemudian secara bertahap, tingkatkan jumlah susu formulanya.

Meneteskan beberapa tetes ASI pada dot botol atau menghangatkan dot sebelum digunakan juga bisa dilakukan.

Pemilihan dot botol juga sangat berpengaruh untuk menarik perhatian bayi. Oleh karena itu, gunakan dot yang empuk dan menyerupai puting payudara anda.

Biasanya sang bayi tidak mau diberikan susu formula dari botol oleh ibunya, karena saat berdekatan dengan wanita yang melahirkannya, sehingga bayi berharap mendapatkan ASI dari ibunya.

Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah anda meminta bantuan kepada suami atau orang lain untuk memberikan susu botol pada bayi sehingga bayi terbiasa dengan susu formula.

Memang sebaik-baik susu formula bayi, tidak akan bisa menandingi manfaat ASI eksklusif. Namun jika tidak memungkinkan anda untuk memberikan ASI eksklusif, jangan sampai membuat anda tertekan.

Untuk tetap menjaga kesehatan bayi, susu formula menjadi solusi yang tepat untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi bayi.

Dalam hal ini, pilihlah susu bayi yang sesuai dengan bayi anda, dan pastikan bawa produk susu formula yang anda pilih tersebut terdaftar di BPOM RI.

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Susu Bayi

1. Kandungan Susu Formula Bayi

Sebelum anda memutuskan untuk memberikan susu formula bayi, maka anda wajib untuk mencari tahu terlebih dahulu kandungan apa yang terdapat dalam susu tersebut.

Semua susu formula pada umumnya memiliki kandungan nutrisi utama yang sama, yaitu karbohidat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

2. Jumlah, Cara Pembuatan, dan Frekuensi Pemberian Susu

Tidak seperti pemberian ASI, pemberian susu formula ini membutuhkan jumlah, cara, dan frekuensi yang sudah ditentukan. Dalam hal ini, anda bisa melihat cara penggunaannya di dalam kemasannya.

3. Periksa Dot dan Botol Susu

susu-bayi-1

Pilih Ukuran Dot Berdasarkan Usia

Perlu diketahui bahwa dot susu ini terbagi menjadi beberapa ukuran. Mulai dari ukuran SS hingga S ditujukan untuk bayi berusia kurang dari tiga bulan(untuk botol berkapasitas 80 ml hingga 160 ml).

Berikutnya adalah ukuran M. Ukuran M ini ditujukan oleh bayi berusia tiga bulan hingga enam bulan (untuk botol susu berkapasitas 160 ml hingga 200 ml).

Sedangkan untuk bayi berusia lebih dari enam bulan bisa diberikan dot berukuran L (untuk botol susu berkapasitas 200 ml hingga 220 ml).

Baca juga: Berikut Bahan-bahan Alami Untuk Mengatasi Kulit Wajah Yang Kering

Dot Yang Terbuat Dari Karet Silikon Akan Lebih Tahan Lama

Adapun bahan yang digunakan sebagai bahan baku dot botol susu adalah karet sintetis dan silikon. Keduanya sama-sama diseterilkan dengan cara direbus, dicuci dengan sabun disinfektan khusus, dan menggunakan microwave.

Selain itu, keduanya juga bisa dibersihkan dengan menggunakan mesin pencuci piring. Dari kedua bahan tersebut, dot botol susu yang terbuat dari karet silikon lebih awet dibandingkan karet sintetis.

Pilih Material Botol Berdasarkan Penggunaannya

Sekarang ini, sebagian besar produk botol susu bayi yang beredar di pasaran terbuat dari bahan kaca tahan panas atau plastik.

Dimana, botol susu yang terbuat dari bahan kaca ini tidak mudah retak dan lebih higienis. Selain itu, bahan kaca mudah dibersihkan dan disterilkan.

Disini anda hanya cukup merebusnya, mencuci dengan sabun disinfektan khusus, menggunakan microwave, dan juga menggunakan mesin pencuci piring.

Namun, bahan kaca ini cukup berat dan mudah pecah. Sedangkan botol susu bayi berbahan plastik lebih ringan dan mudah dibawa. Sehingga botol susu bahan plastik ini bisa digunakan untuk pemakaian sehari-hari.

Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan saat akan memilih susu formula bayi semoga bermanfaat khususnya bagi anda yang akan membeli susu formula bayi.

Baca juga: 9 Ucapan Ulang Tahun Untuk Pacar Yang Jauh

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *