manfaat-sholat-tahajud
Parenting

Ini Manfaat Doa Sholat Tahajud yang Wajib Kamu Tahu!

mpokbela.com – Semua umat yang mengaku beragama Islam atau muslim pasti tahu ibadah sholat tahajud. Sholat Tahaju adalah sholat yang dilakukan di sepertiga malam. Sholat tahajud yang dilakukan minimal 2 rakaat ini, memiliki banyak sekali manfaat dan keutamaannya. 

Apalagi berdoa setelah selesai sholat tahajud, banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan. Tidak hanya bagi diri sendiri, bahkan juga berpengaruh bagi orang disekitar Anda seperti keluarga, atau orang-orang yang ada dalam doa Anda. Manfaat dari doa sholat tahajud tersebut, antara lain sebagai berikut.

1. Sangat Mustajab

Manfaat utama dari doa sholat tahajud ini yaitu adalah media yang sangat mustajab untuk dikabulkannya doa-doa kita, karena sholat tahajud adalah sholat sunnah yang paling utama. Mengapa bisa seperti itu, karena waktu yang ditentukan untuk melakukan sholat tahajud ini adalah lewat tengah malam, atau sepertiga malam. 

Ketika semua orang sedang terlelap tidur, Anda melakukan ibadah sholat tahajud yang bertujuan ingin bercengkrama dan meminta hajat kepada yang Maha kuasa. Sangat mustajab artinya sangat berpotensi besar untuk dikabulkan, ketika kita memohon doa padaNya. Bahkan, tidak hanya dikabulkan tetapi Anda juga akan mendapat kemudahan dalam menyelesaikan semua urusan dan masalah.

2. Makin Mendekatkan Diri PadaNya

Karena melakukan ibadah sholat tahajud dilakukan pada malam hari, suasana yang sunyi dan sepi sangat bisa meningkatkan kekhusyukan kita dalam beribadah dan memohon doa. Dengan begitu, perasaan dekat dengan pemilik semesta semakin terasa. 

Jika Anda melakukan dengan sepenuh hati dan bersungguh-sungguh, maka Tuhan semesta alam akan menyambut dengan sangat gembira. Layaknya orang yang sedang kasmaran, jika bertemu dari hati ke hati dengan suasana yang sangat mendukung pastinya akan semakin intim. 

3. Penghapus Dosa

Bukan hanya keinginan dan doa Anda yang akan terkabul, jika Anda melakukan doa sholat tahajud maka dosa-dosa Anda pun akan ikut terhapus. Asalkan Anda melakukan dari hati dan bukan karena riya atau menunjukkan kepada orang lain, maka semua tujuan Anda akan tercapai dan Anda menjadi suci kembali. Makin sering Anda melakukan sholat tahajud dan berdoa, maka Anda akan lebih suci dari bayi tak berdosa.

4. Pikiran Menjadi Tenang

Melakukan doa sholat tahajud memang tidak cukup hanya satu manfaat, melainkan banyak yang bisa kita dapatkan. Satu hal lagi,  diantaranya adalah membuat pikiran dan hati kita menjadi sangat tenang, tentram dan damai. Oleh karena itu, jika Anda merasa sedang tidak tenang dan gelisah mungkin Anda harus melakukan ibadah sholat tahajud untuk bisa mendapatkan ketenangan tersebut. 

5. Menjaga Akhlak

Sangat banyak sekali manfaat setelah kita menjalani sholat tahajud ini. Satu dari sekian manfaat yaitu menjaga akhlak Anda menjadi baik dan lebih rendah hati. Karena, sholat tahajud bisa menjaga rohani Anda dan serta dapat mengangkat derajat dan kemuliaan Anda. Derajat dan kemuliaan Anda menjadi tinggi dimata makhluk Tuhan lainnya, serta mendapatkan keridhoannya yang paling utama.

Dari manfaat yang bisa Anda dapat, semuanya mengarah pada kebaikan Anda dalam hidup. Pastinya juga memberi bekal bagi Anda untuk persiapan di akhirat nanti, serta mendapatkan ridho dari Allah ta’ala. 

Oleh karena itu, jangan pernah malas atau ragu untuk melakukan ibadah yang satu ini karena selain bisa mendapatkan banyak manfaat bagi diri. Anda juga bisa menambah kenikmatan Anda dalam beribadah karena suasana yang bisa membuat Anda khusyu berbincang dengan Allah Tuhan pencipta semesta.

Baca juga: Tips Pintar Membentuk Sifat Dan Karakter Anak Sesuai Harapan Bagi Keluarga Baru

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *