5-Perlengkapan-Mandi-Untuk-Bayi-Baru-Lahir
Parenting

5 Perlengkapan Mandi Untuk Bayi Baru Lahir

mpokbela.com – Bayi memiliki kulit yang jauh lebih sensitif dibandingkan orang dewasa. Oleh karena itu, penting sekali bagi orang tua untuk memilih perlengkapan mandi yang lengkap dan baik untuk bayi. Bila Anda masih awam tentang apa saja perlengkapan yang perlu dibeli untuk bayi baru lahir, berikut ini adalah 5 diantaranya:

1. Bak Mandi 

Perlengkapan pertama yang harus Anda beli adalah bak mandi. Terdapat banyak sekali jenis dan model bak mandi untuk bayi, tetapi ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan saat akan membelinya. Pertama, pilih bak yang berbahan plastik kokoh. Bak dengan bahan plastik lebih awet sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang. 

Selanjutnya, pilih bak yang tidak memiliki sudut tajam. Bayi yang baru lahir masih memiliki kulit tipis, sehingga mudah luka. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, Anda perlu membeli bak mandi yang tidak memiliki sudut taham di dalamnya. Tips yang ketiga adalah pilih bak mandi yang memiliki tempat duduk. Saat tumbuh lebih besar, bayi akan nyaman untuk mandi di tempat yang dilengkapi tempat duduk. 

2. Perlengkapan mandi 

Yang dimaksud dengan perlengkapan mandi adalah produk-produk yang Anda gunakan saat memandikan bayi, misalnya shampo dan sabun. Produk-produk khusus untuk bayi memiliki kandungan yang berbeda dengan produk orang dewasa, sehingga perlu dipersiapkan sebelum kelahiran bayi. Ada banyak sekali produk yang bisa Anda pilih sesuai dengan kondisi kulit anak. Sebelum membeli produk, Anda bisa melihat terlebih dahulu review dari produk tersebut. Pilihlah produk yang sebagian besar cocok untuk anak yang baru lahir. 

Baca Juga : Tips Pintar Membentuk Sifat Dan Karakter Anak Sesuai Harapan Bagi Keluarga Baru 

3. Handuk 

Pemilihan handuk sangatlah penting untuk bayi. Kulit bayi yang masih tipis akan rawan menjadi rusak bila menggunakan handuk kasar. Ada handuk-handuk yang memang disediakan khusus untuk bayi, sehingga Anda lebih bebas untuk memilihnya. Pilihlah bahan yang lembut dan bisa menyerap air dengan mudah. Keringkan semua bagian tubuhnya menggunakan handuk tersebut. 

Ada berbagai macam ukuran yang bisa Anda pilih. Untuk awalan, Anda bisa membeli handuk utama yang berukuran besar dan handuk kecil yang digunakan untuk mengelap area-area tertentu. 

4. Minyak telon 

Seringkali orang tua lupa untuk membelikan minyak telon. Bagi bayi, minyak telon berfungsi untuk membuatnya tetap hangat. Di sisi lain, minyak telon juga bisa memberikan aroma wangi setelah mandi. Tidak hanya minyak telon, Anda juga membutuhkan minyak rambut, bedak bayi dan baby oil. Apa saja fungsi dari masing-masing produk tersebut?

Bedak bayi memiliki fungsi untuk menjaga kulit bayi agar tetap lembut. Untuk menjaga kelembapan kulitnya, Anda bisa mengoleskan baby oil. Untuk bagian kepala, oleskan minyak rambut yang bisa membuat rambut bayi menjadi lebih ternutrisi. 

5. Gunting kuku

Kuku pada bayi sangat cepat bertumbuh. Anda perlu rutin menggunting kukunya agar tidak melukai kulitnya sendiri. Seringkali, orang tua abai untuk rutin menggunting kuku hingga bayi tidak sengaja mencakar wajah dan kulitnya sendiri. Hal ini tentu berbahaya untuk kulit. Pilihlah produk gunting kuku yang dikhususkan untuk bayi. Anda juga perlu membeli cotton bud khusus bayi untuk membersihkan telinganya setiap selesai mandi. 

5 perlengkapan dan produk diatas bisa Anda dapatkan dengan mudah di pasaran. Pilihlah produk berdasarkan bahan dan kualitasnya. Bila Anda tidak mengerti mana produk yang baik, Anda bisa memilihnya berdasarkan reputasi, review dan testimoni sebagai acuan. Selamat berbelanja perlengkapan bayi. 

Baca Juga : 6 Lagu Anak-Anak Terbaik Enno Lerian

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *