resep-kue-basah-modern-kentang
Kuliner

Wajib Coba! Inilah Kue Basah Modern Berbahan Dasar Kentang

mpokbela.com – Bahan dasar kentang termasuk salah satu bahan favorit, termasuk dalam membuat kue basah ala modern dan kekinian. Karena, kentang termasuk bahan makanan yang sangat nikmat sehingga banyak yang suka. Selain itu, kue basah biasanya dijadikan untuk cemilan sore bersama teh. Bahkan, bisa juga dibuat sebagai kue atau dessert dalam sebuah acara-acara syukuran di rumah. Beberapa macam kue basah modern yang bisa dijadikan ide jika Anda ingin memanfaatkan sebagai bahan, antara lain sebagai berikut. 

1. Kue Lumpur Kentang

Jenis kue basah pertama yang direkomendasikan berbahan dasar kentang adalah kue lumpur, mungkin Anda sudah pernah mendengar jenis kue ini. Ciri khas kue ini berbentuk bulat dan lembut, dan kue ini juga memiliki pilihan topping seperti keju, kismis ataupun kelapa. Tingkat kesulitannya tidak terlalu sulit, sehingga bisa dilakukan untuk orang-orang yang baru belajar masak.

2. Donat Kentang

Makanan yang satu ini memang sudah sangat familiar dan populer, karena banyak yang menyukai kue donat baik tua maupun muda. Bahkan donat yang menggunakan bahan dasar kentang ini juga sedang populer sekarang ini, dan banyak dicoba oleh orang-orang yang gemar memasak. 

Susah-susah gampang dalam membuat, karena ada beberapa orang yang berhasil membuatnya tapi tidak sedikit yang gagal dalam mencoba. Tidak hanya kentang sebagai bahan utama serta tepung, gula dan telur tapi donat kentang ini juga memiliki topping yang menjadi penambah nikmat dan membuat tampilan menjadi cantik. 

Itulah mengapa makanan ini banyak yang suka, Anda bisa memanfaatkan topping sesuai selera Anda. Mulai dari mesis, coklat, green tea, keju ataupun sekedar menggunakan gula halus putih.

3. Kentang Isi Ayam Jamur

Kue basah modern berikutnya adalah kentang isi ayam jamur, bentuknya unik karena menggunakan bagian luar dari kentang itu sendiri. Untuk isian mungkin sedikit agak banyak, tapi hasilnya pastinya tambah lezat yaitu smoked beef dan beberapa campuran sayuran.

4. Kentang Keju

Kudapan kentang keju adalah makanan sejenis kue basah modern gurih yang ringan, pembuatannya hanya menggunakan 5 bahan yaitu kentang, tepung maizena, keju, garam dan seledri. Makanan yang dibuat dengan cara digoreng membuat yang makan pasti ketagihan, karena rasa kentang dan kejunya sangat mendominasi. Bentuknya memanjang, dan bisa dimakan sebagai cemilan atau kudapan juga bisa dijadikan sebagai makanan pendamping lauk. Menarik kan?

5. Bola-bola Kentang Sosis

Satu lagi pilihan kue basah dengan rasa gurih dari olahan kentang, yaitu bola-bola kentang sosis. Dari namanya Anda pasti tahu, selain kentang makanan ini juga menggunakan sosis pada bagian dalam. Teksturnya agak kasar karena digoreng menggunakan tepung panir, rasanya semenarik bentuknya yang dibuat menjadi bola-bola kecil.

6. Kue Sus Kentang

Anda semua pasti sudah mengetahui makanan yang dikenal dengan nama kue sus, kue yang biasanya berisi olahan susu. Namun, kali ini merupakan inovasi baru dari kue sus yang biasa tapi menggunakan bahan kentang. Pasti Anda akan penasaran mencoba seperti apa rasanya, dan Anda tidak akan menyesal membuatnya.

Sebagai makanan kudapan atau cemilan, kentang memang banyak variasinya. Baik jenis makanan modern, maupun makanan tradisional kentang tidak pernah ketinggalan. Mulai dari yang basah hingga yang kering, seperti contohnya keripik kentang yang juga selalu eksis. Jadi, untuk Anda penggemar kentang bisa mencoba beberapa makanan di atas sebagai sajian makanan cemilan di rumah. Apakah Anda tertarik untuk membuatnya?

Baca juga: Suka Masak? Intip 3 Resep Ayam Kecap Ini Yuk!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *