Kuliner

Resep Sambal Ganja Khas Aceh, Bikin Nagih

Advertisements

Resep Sambal Ganja Khas Aceh yang Bikin Nagih

Resep Sambal Ganja Khas Aceh yang Rasanya Bikin Nagih - Lifestyle Liputan6.com
Sumber: Liputan6

Resep Sambal Ganja Khas Aceh – Terletak di bagian barat Indonesia, Aceh memiliki sejumlah masakan yang dibuat dengan menggunakan campuran rempah-rempah dan berbagai cara memasak yang menghasilkan cita rasa yang unik dan lezat.

Mengutip buku Masakan Aceh, ciri khas masakan Aceh adalah seringnya menggunakan sayur belimbing wuluh untuk olahan ikan laut agar memberikan rasa segar dan mengurangi aroma amis ikan. Selain itu, campuran rempah-rempah seperti cengkeh, lawang, kapulaga, pala, kayu manis dan akar manis juga sering digunakan untuk menambah kelezatannya.

Makanan Khas Aceh

Resep Sambal Ganja Khas Aceh yang Rasanya Bikin Nagih - Lifestyle Liputan6.com
Sumber: Liputan6

Salah satu makanan khas Aceh adalah mie Aceh. Mie Aceh terbuat dari mie berbahan dasar tepung kuning. Mie Aceh rasanya enak karena menggunakan campuran bumbu kapulaga, jinten, kunyit, cabai merah dan merica serta bawang putih, bawang merah, cuka, kecap manis, daun bawang, daun seledri dan garam. Sebagai pelengkap, mie Aceh disajikan dengan acar mentimun dan keripik.

Selain itu, masih banyak lagi makanan khas Aceh lainnya, termasuk sambal khas Aceh. Nah, berikut ini adalah resep sambal khas Aceh yang perlu Anda ketahui.

Resep Sambal Ganja Makanan Khas Aceh

Resep Membuat Sambal Ganja Khas Aceh yang Bikin Lidah Bergoyang
Sumber: IDN Times

Faktanya, orang Indonesia tidak bisa lepas dari sambal. Pasalnya, sambal ini bisa membuat nafsu makan Anda meningkat. Dan, setiap daerah di Indonesia memiliki sambalnya masing-masing. Salah satunya adalah asam udeung atau yang biasa dikenal dengan sambal ganja dari Aceh.

Eits, meski namanya sambal, tapi sama sekali tidak ada kandungan ganja di dalamnya lho. Dinamakan sambal ini karena memiliki efek yang bisa membuat Anda ketagihan. Ingin mencoba kelezatan saus ganja? Berikut ini adalah resep sambal ganja khas Aceh.

Advertisements

1. Bahan sambal ganja khas Aceh

Untuk membuat sambal ganja, Anda membutuhkan bahan-bahan berikut, pastikan bahwa bahan bahan yang digunakan lengkap :

  • 250 gr udang segar (kupas kulitnya dan buang kepalanya)
  • 6 buah belimbing wuluh
  • 15 bh cabai rawit
  • 6 siung bawang merah
  • 2 batang serai
  • 4 lembar daun jeruk
  • 3-4 sdm minyak panas
  • Secukupnya gula dan garam

2. Langkah pertama membuat sambal ganja :Udang Goreng

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat sambal ganja Aceh adalah menggoreng udang. Atau, Anda juga bisa memanggang udang kupas, kemudian sisihkan. Udang ini dapat menambah aroma dan rasa sambal ganja khas Aceh menjadi semakin gurih.

3. Mulai membuat Sambal Ganja

Setelah menggoreng udang, tumbuk kasar cabai rawit dan bawang merah. Kemudian masukkan potongan belimbing wuluh dan udang goreng. Kemudian giling lagi dengan kasar.

4. Siram dengan minyak panas

Setelah sambal yang ditumbuk kasar siap, tambahkan daun jeruk dan batang serai. Kemudian siram dengan minyak yang sudah dipanaskan. Terakhir, tambahkan gula dan garam sebagai penambah rasa. Sambal ganja ini bisa disantap sendiri dengan nasi putih hangat atau sebagai lauk. Rasanya dijamin enak dan bikin tambah nasi putih.

Itulah cara membuat resep sambal ganja makanan khas Aceh yang bisa anda coba dirumah. Anda dapat membuatnya dengan mudah dan dijamin, dengan mengikuti tipa diatas, rasa sambal ganja akan lezat.

Baca juga:Resep Masakan Rumahan yang Menggugah Selera

Advertisements

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *