Kuliner

Panduan Membuat Nasi Goreng Agar Berhasil Sempurna

Walau pun sangat populer hidangan nasi goreng, dan juga terlihat mudah membuatnya, pada nyatanya tidak semua orang bisa membuat yang benar-benar enak. Indonesia sendiri dikenal dengan makanan pokok yaitu nasi, sehingga nasi goreng sangat populer di Indonesia. Jenis nasi goreng itu juga sangatlah banyak. Tiap negara Asia bahkan memiliki varian tersendiri untuk nasi goreng. Mungkin kamu sudah pernah memasak nasi goreng tetapi hasilnya masih kurang memuaskan. Misal nasinya yang lembek, bumbunya terasa kurang, terlalu berminyak dan lain sebagainya. Berikut ini ada beberapa tips untuk masak resep nasi goreng dengan hasil lebih maksimal.

Gunakan wajan cekung

Sebenarnya bisa saja memakai wajan yang datar untuk bikin nasi goreng, tapi supaya hasilnya lebih maksimal, gunakanlah wajan cekung atau wok. Bisa dari bahan aluminium atau pun bahan lainnya. Dengan wajan cekung, maka bisa menyebarkan panas secara merata pada sisi wajan, hasilnya bahan nasi goreng yang diaduk akan matang secara bersamaan. Maka dari itu, koki biasanya selalu menggunakan wajan cekung dalam membuat hidangan nasi goreng ini. Mereka menggoyangkan wajan tersebut ke depan untuk dapat membuat nasi goreng tersebut terbalik.

Cara Membuat Nasi Goreng Kampung yang Gurih Enak

Pakai nasi yang matangnya pas

Tentunya nasi merupakan kunci dari kelezatan kuliner nasi goreng satu ini. Banyak orang menggunakan nasi sisa yang disimpan di dalam kulkas sampai agak keras. Tapi kalau nasi memang kondisinya lembek walau disimpan di dalam kulkas, maka tentu teksturnya bisa tetap lembek. Hal ini juga bisa tergantung selera, meski begitu nasi goreng enak ialah nasi dengan bagian luar yang renyah tapi bagian dalamnya bersifat pulen. Maka dari itu penjual gerobakan mempunyai nasi sedikit pera. Jangan lupa juga setelah dikeluarkan nasi tersebut dari kulkas, kalian bisa uraikan nasi menggumpal atau yang bertumpuk menjadi satu sampai terurai dengan baik. Ini bisa memudahkan bumbu untuk meresap pada saat nasi dimasak bersamaan dengan bumbu atau bahan lainnya.

Nasi Goreng Enak, Beras Pera Kuncinya : Okezone Lifestyle

Bumbu nasi goreng harus lengkap

Jadi, sebelum kalian memulai buat nasi goreng, maka siapkan dan racik semua bahan-bahan dengan benar. Dengan demikian, maka kamu tidak perlu buang waktu mencari-cari apa saja bumbu nasi goreng yang kelupaan. Bisa menghindarkan juga dari bumbu yang gosong karena lama dipanaskan pada wajan tanpa kita aduk. Jika bumbu dengan cabe, maka bisa pakai bumbu kemasan yang bisa siap pakai. Bisa juga racik sendiri, caranya dengan kalian menghaluskan terasi, bawang merah, cabe merah, garam dan bawang putih. Buat bumbu dalam jumlah yang cukup banyak, tumislah dengan memakai minyak sampai matang dan lalu simpan di dalam botol yang bertutup untuk sebagai stok bumbu. Jika ingin membuat hidangan nasi goreng khas China atau sejenisnya, cukup dengan menggunakan bawang putih cincang. Bumbunya bisa dengan saus tiram, kecap asin, sedikit garam dan miyak wijen. Jangan lupa juga menyiapkan bawang goreng sebagai bahan untuk taburan yang sedap.

Cara membuat bumbu nasi goreng sederhana ala kakilima paling mudah. (Part  2) - YouTube

Siapkan telur

Telur merupakan paduan yang lebih baik ada pada hidangan nasi goreng. Telur sebaiknya diaduk bersamaan dengan nasi tetapi bisa juga disajikan terpisah. Hal tersebut tentunya tergantung selera. Kalau akan dicampurkan, maka bisa diaduk pada saat telur masih mentah, atau bisa juga buat orak-arik telur. Kalau telur dicampurkan mentah dengan nasi, maka gunakan api yang besar pada saat mengaduk. Lalu pastikan telur merata matangnya sehingga aromanya tidak anyir.

Cara Buat Nasi Goreng Telur Cepat Nikmat yang Sehat

Baca : Resep Nasi Goreng Lezat

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *