makanan-khas-semarang
Kuliner

12 Makanan Khas Semarang Ini Enak Dan Wajib Dicicipi 

mpokbela.com – Terkenal akan destinasi wisatanya yang tidak pernah habis, Semarang memang selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Disana ada Lawang Sewu, Kelenteng Sam Po Kong, dan masih banyak yang lainnya. Namun, rasanya kurang afdal jika kamu hanya berkunjung ke destinasi wisatanya saja tanpa mencoba makanan khas kota Semarang. Lantas, makanan khas Semarang yang wajib dicicipi ketika berlibur kesana apa saja Dibawah ini ada rekomendasi 12 makanan khas Semarang enak dan wajib dicicipi, diantaranya yaitu :

1. Lumpia

Kamu wajib icip icip lumpia Semarang yang berisi rebung. Lumpia Semarang bisa dinikmati dengan cara direbus atau digoreng. Lebih nikmat lagi kalau pakai saus tauco. 

2. Tahu Gimbal

Olahan Khas ini berisi tahu goreng, tempe, udang, irisan kol, juga tahu gimbal. Ada juga saus kacang diatasnya. 

3. Garang Asem Ayam

Garang Asem Ayam adalah oalahan makanan berupa olahan ayam dengan kuah santan juga belimbing wuluh yang dibungkus daun pisang yang membuat nasi sepiring tidak akan cukup. 

4. Mie Kopyok

Makanan khas ini menggunakan bahan dasar mie yang diberi kuah kaldu rempah. Toppingnya terdiri dari tahu, taoge, daun seledri, juga kerupuk gendar. 

5. Soto Bangkong

Semarang juga punya makanan khas berupa soto yang bernama soto bangkong. Agak berbeda dari soto pada umumnya, kuahnya agak kecokelatan dan bening. 

6. Babat Gongso

Jika kamu pecinta jeroan, kamu wajib merapat dan cicipi babat gongso khas Semarang ini. Babat gongso yang diolah dengan kecap manis ini sangat cocok disantap dengan nasi putih atau nasi goreng. 

Baca Juga : 12 Makanan Khas Semarang Ini Enak Dan Wajib Dicicipi 

7. Pisang Plenet

Makanan khas Semarang pisang planet sudah mulai jarang ditemui, kamu wajib cicipi pisang plenet ini. Pisangnya dibakar dengan arang lalu ditaburi meses, keju, atau gula halus. 

8. Nasi Pindang

Nasi pindang merupakan makanana khas Semarang berupa hidangan nasi berkuah. Rasanya gurih, sangat cocok dijadikan menu sarapan. Bukan ikan, yang menjadi lauknya adalah daging sapi. 

9. Roti Ganjel Rel

Makanan ini mirip sekali dengan roti gambang. Tekstur roti ganjel rel agak keras dan padat, bisa menjadi sajian wajib sebelum Ramadhan. 

10. Wingko Babat

Makanan ini terbuat dari beras ketan dan kelapa yang dibakar. Wingko babat memang sangat terkenal di Semarang. Harganya mulai dari Rp. 2 ribu per biji.

11. Bandeng Presto

Yang khas dari makanan  ini sesuai dengan namanya, ikan bandengnya itu sebelum disajikan sudah dipresto atau dimasak dengan uap air panas terlebih dahulu sehingga duri bandengnya yang keras menjadi lunak dan menjadi enak dimakan. Diberi bumbu bumbu berupa bawang putih, garam, juga kunyit yang semakin menambah cita rasanya.

12. Mochi

Mochi merupakan makanan khas Semarang berupa kue kecil yang terbuat dari tepung ketan yang dibentuk bulat bulat lalu didalamnya diberi isian seperti kacang hijau, gula merah, dan cokelat. Mochi dimasak dengan cara dikukus sehingga mampu bertahan lama hingga 7 hari. Mochi Semarang ini rasanya sangat khas karena diberi taburan wijen dan gula halus yang membuat rasa manis yang pas. 

Jika kamu lagi ke Semarang, jangan lupa cicipi keduabelas makanan khas Semarang yang enak diatas. Atau mungkin ada salah satunya yang sudah pernah kamu coba sebelumnya?  

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *