resep kue ulang tahun spesial
Kuliner

Inilah Resep Kue Ulang Tahun yang Spesial!

mpokbela.com – Kue ulang tahun menjadi kado yang murah dan mudah. Murah karena bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya tidak mahal dan bisa dicari di berbagai supermarket. Selanjutnya untuk cara membuatnya sebenarnya mudah saja asal anda tahu cara bagaimana adonan mengembang dengan baik dan resep kue ulang tahun spesial yang bisa kamu gunakan akan sangat membantu. Adonan kue yang mengembang dengan baik adalah adonan yang ketika ditarik benar-benar seperti foam dan ketika dijatuhkan kembali adonannya tidak jatuh langsung. Kemudian hal yang paling penting dalam membuat kue juga adalah teknik memanggangnya. Ketika memanggang kue sebaiknya jangan ditinggalkan begitu saja sampai oven mati. Hal tersebut dikarenakan waktu kadang berbeda-beda. Jadi untuk memastikan apakah kue sudah matang hingga bagian dalamnya adalah dengan menusuknya. Anda bisa pilih tusukan lidi yang biasa untuk sate. Setelah tahu beberapa hal penting dalam membuat kue ulang tahun. Berikut beberapa resep kue ulang tahun spesial yang pastinya enak.

 

Kue Ulang Tahun Gula Merah

 

Gula merah adalah salah satu bahan yang mudah sekali didapatkan di Indonesia. Banyak sekali kue jadul yang menggunakan gula merah sebagai topping atau tambahan adonannya. Nah sekarang gula merah juga bisa anda jadikan tambahan dalam membuat kue yang lezat dan juga pastinya special. Orang yang anda berikan kue ini pasti merasa spesial karena sajian yang unik dan berbeda. 

Bahan Yang Diperlukan Untuk Kue Ulang Tahun Gula Merah: 

Telur Ayam Sebanyak 7 Butir (gunakan telur putihnya 5 butir saja)

Tepung Terigu Sebanyak 160 gram

Gula Merah 4 buah

Gula Putih 60 Gram

Baking Soda Sebanyak 1 sendok teh

Mentega Merk Blue Band 1 kemasan

Toppingnya Gunakan Krim Butter Putih Dan Pewarna Makanan Pandan

Cara Membuat Kue Ulang tahun Gula Merah:

  • Terlebih dahulu anda parut gula merahnya dan haluskan di blender kering.
  • Setelah itu anda buatkan adonan kuenya dengan menaruh semua bahan yang dibutuhkan seperti gula putih, telur ayam dan baking soda. Mixer hingga semua bahannya menjadi putih dan layaknya foam yang besar. Kemudian tambahkan mentega blue band yang sudah dicairkan tadi. Anda selanjutnya menuangkan tepungnya ke dalam adonan. Dalam menuangkannya jangan semuanya secara sekaligus. Nah anda aduk tepung dalam adonan tersebut. 
  • Tuangkan gula merah tadi yang sudah dihaluskan. Aduk kembali adonannya agar semuanya menyatu.
  • Tuangkan dalam cetakan kue ulang tahun. Taruh dalam oven listrik sesuai dengan suhu yang sedang di oven anda. Tetapi jangan taruh di bagian bawah, taruh di tengah.
  • Kurang lebih 47 menit matang kuenya, anda sebaiknya memasukkan pewarna pandan tadi ke dalam krim butter putih. Diaduk agar semuanya berwarna hijau.
  • Setelah jadi kue ulang gula merahnya, ambil puit untuk membuat kue indah dengan menghias menggunakan krim butter hijau tadi. anda bisa menghiasnya sesuai selera.

 

Kue Ulang Tahun Klepon

 

Pernahkah anda mendengar tentang klepon? Klepon adalah makanan kue tradisional yang berasa dari daerah Jawa. Kue klepon ini berwarna hijau dan juga ada isian gula merahnya. Nah sekarang kue klepon ini bisa jadi inovasi menjadi sajian kue ulang tahun. Bedanya kue klepon ini gula merahnya di luar kue dan tentu masih ada parutan kelapanya.

Bahan Yang Diperlukan Untuk Kue Ulang Tahun Klepon:

Telur Ayam Kuningnya saja sebanyak 8 butir

Gula Putih Sebanyak 90 Gram

Baking Soda Sebanyak 5 gram

Kental Manis Merk Apa Saja 

Mentega Kemasan Plastik 1 sachet

Tepung Terigu Segitiga Biru 115 gram

Pewarna Makanan Berwarna Hijau Dan Rasa Pandan

Gula Merah

Kelapa Parut

Cara Membuat Kue Ulang Tahun Klepon:

  • Pertama-tama anda siapkan dahulu cetakan kuenya. Dengan menyiapkan cetakan kuenya dahulu akan memudahkan anda nanti dalam menaruh adonannya. Dengan begitu adonannya juga tidak dibiarkan lama di luar. Oleskan pada cetakan kue menteganya hingga merata. Selanjutnya jangan lupa berikan tepung terigunya hingga menteganya tertutupi.
  • Mixer bahan seperti telur ayam kuningnya saja, gula putih dan juga backing sodanya. Setelah itu mixer dengan tangan anda saja lebih baik agar adonannya bisa mengembang dengan cepat dan baik. Gunakan kecepatan tinggi agar adonan cepat mengembang. Setelah itu adonannya dipastikan apakah sudah mengembang dengan baik.
  • Mentega yang sudah dicairkan terlebih dahulu tadi dimasukkan ke dalam adonan yang mengambang tadi. jangan lupa dimasukkan merata.
  • Tambahkan tepung terigunya sambil diaduk. Dituangkan tepungnya perlahan saja. Setelah itu aduk agar semuanya menyatu.
  • Tambahkan pewarna makanan hijau rasa pandan tadi secukupnya. Jika belum hijau, tambahkan sedikit lagi. Namun sebaiknya jangan terlalu banyak, terlalu banyak akan menyebabkan adonan pahit. Kuenya juga bisa menjadi pahit.
  • Setelah berwarna hijau adonannya taruh di cetakan kue tadi. kemudian anda masukkan ke dalam oven yang sudah bersuhu sekitar 250 derajat celcius.
  • Tunggu kuenya hingga matang. Iris-iris gula merahnya menjadi irisan tipis dan kecil-kecil
  • Taburkan gula merah yang sudah diiris tadi ke atas kue yang sudah matang. Kemudian diatasnya lagi ditambahkan kelapa parut.
  • Kue ini tidak tahan lama karena ada kelapa parutnya, jadi pastikan masukkan ke kulkas atau langsung habiskan.

 

 

Kue Ulang Tahun Spesial Matcha

 

Matcha kini sedang menjadi primadona. Dalam setiap makanan dan minuman, matcha menjadi bahan pelengkap. Ide yang bagus sekali jika kue ulang tahun menggunakan matcha. Dikarenakan matchanya pahit, jadi cocok untuk ditambahkan dalam adonannya.

Bahan-bahan Yang Diperlukan Untuk Kue Ulang tahun Spesial Matcha:

7 Butir Telur

Gula Putih 150 Gram

Pengembang Kue secukupnya

Mentega cair Sebanyak 50 ml

Terigu Berprotein Sedang Sebanyak 90 Gram

Matcha Bubuk Secukupnya

Coklat KitkAt Rasa Matcha

Kental Manis Putih 110 ml 

Cara Membuat Kue Ulang Tahun Spesial Matcha:

  • Buat Adonannya dengan anda taruh telur ayam 7 butir, gula putih dan pengembang kue secukupnya ke dalam mangkuk besar. Setelah itu anda buat adonannya dengan menggunakan mixer. Kemudian kembangkan adonannya hingga mengembang dengan benar. 
  • Setelah itu anda masukkan terigu berprotein sedang tadi ke dalam adonan dengan diayak. Setelah itu aduk rata adonan yang sudah diberikan tepung. Masukkan mentega cairnya, dan jangan lupa tambahkan matcha bubuk secukupnya. Kental manis masukkan juga ke dalamnya.
  • Setelah semuanya menyatu dan tidak ada tepung tertinggal. Taruh dalam Loyang kuenya. Nah panggang dalam oven anda.
  • Setelah kuenya matang saatnya memberikan toppingnya.
  • Untuk menaruh topping coklat kitkat matcha ke atasnya anda bisa hancurkan dahulu cokelat kitkat matchanya. Untuk membuat menempel pada kue anda bisa gunakan mentega yang sudah di mixer dengan gula halus. 
  • Setelah dioleskan mentega yang dicampur gula halus tadi. taburkan secara merata cokelat kitkat matchanya. 

Baca juga: Suka Masak? Intip 3 Resep Ayam Kecap Ini Yuk!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *