Kuliner

5 Menu Buka Puasa Yang Sehat Dan Aman Untuk Diet

Puasa Ramadhan tidak hanya menyehatkan badan saja, namun juga bisa menjadi momen yang tepat untuk diet. Sebab, kamu tentu akan lebih mudah menahan hasrat untuk makan dan minum selama berpuasa. Namun, usaha ini bisa jadi gagal jika kamu tidak menjaga asupan makanan saat berbuka puasa nanti. Jadi, kamu harus hati-hati dalam memilih menu makanan untuk buka puasa. 

Jika kamu bingung harus menyiapkan menu buka puasa apa yang aman dan sehat untuk diet. Tenang, berikut dibawah ini rekomendasi 5 menu buka puasa yang sehat dan aman untuk diet :

1.Nasi Merah

Orang yang sedang diet tentunya sudah sangat akrab dengan yang namanya nasi merah. Kamu bisa menyajikan nasi merah sebagai menu buka puasa harian untuk diet. Daripada nasi putih, nasi merah memang menjadi pilihan tepat untuk diet karena mengandung serat lebih banyak dan kalori lebih sedikit. Berbuka dengan nasi merah dapat membuat perut lebih cepat kenyang, sehingga tidak makan berlebihan.

Nasi Merah dan Nasi Putih, Mana yang Lebih Sehat?

2. Salad Buah

Semangkuk salah buah cocok disantap saat kamu sedang mencari menu buka puasa yang rasanya manis, namun tetap aman bagi orang yang sedang diet. Orang yang banyak mengkonsumsi buah-buahan setiap harinya berisiko rendah mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Buah juga mengandung banyak serat yang dapat membuat kamu kenyang lebih lama. 

Resep dan Cara Membuat Salad Buah yang Creamy, Cocok Untuk Camilan Keluarga  di Tengah Pandemi - Galamedia News

Dengan hanya makan salad buah saat buka puasa, kamu sudah lebih mampu mengendalikan hawa nafsu. Hasilnya, berat badan kamu pun tidak akan cepat naik selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan. 

3. Sup Ayam Makaroni

Kebanyakan orang mengira bahwa daging ayam tidak baik dikonsumsi saat sedang diet karena mengandung lemak yang tinggi. Padahal ayam justru menyediakan protein yang dapat membantu menurunkan berat badan. Protein merupakan salah satu nutrisi penting bagi tubuh. Berbuka puasa dengan makanan yang mengandung protein tinggi diketahui dapat membakar 80 hingga 100 kalori setiap hari. Kamu bisa mengolah daging ayam ke berbagai hidangan makanan, salah satunya dibuat sup ayam. Menu makanan ini tidak hanya membantu mendongkrak energi tubuh saja, namun juga dapat memenuhi kebutuhan cairan yang hilang selama puasa Ramadhan. 

Resep Makan Siang Sup Ayam Makaroni - Kuliner Nusantara |

Tambahkan potongan wortel kedalam sup ayam buatanmu supaya lebih sehat dan lezat. Tambahkan juga beberapa gram makaroni untuk menambah asupan karbohidrat didalamnya.

4. Telur Dadar Bayam

Jika kamu ingin menurunkan berat badan selama puasa Ramadhan, cobalah perbanyak asupan protein dalam menu buka puasa nanti. Salah satu sumber protein yang layak dicoba adalah telur. 

Kandungan protein dalam telur dapat meningkatkan rasa kenyang dengan cara mengendalikan hormon lapar dan nafsu makan. Jadi, kamu akan lebih mampu menahan diri dari makan berlebihan saat buka puasa. 

Resep: Telur Dadar Bayam yang Enak!

Kamu bisa mengolah telur kedalam berbagai sajikan masakan. Telur bisa dibuat dadar, ceplok, atau orak-arik. Supaya menu buka puasa kamu jadi lebih sehat, tambahkan bayam rebus untuk menambah cita rasa masakan. 

5. Ikan Tuna Panggang 

Ikan tuna juga cocok dijadikan menu buka puasa saat diet karena mengandung protein tinggi dan rendah kalori. Asupan makanan yang tinggi kalori dapat membantu menurunkan berat badan kamu selama puasa Ramadhan. 

Resep dan Cara Membuat Tuna Bakar Bumbu Kecap, Lembut di Mulut

Kamu bisa mengolah tuna dengan cara dipanggang supaya lebih sehat dan tidak mengandung banyak minyak. Tambahkan potongan wortel dan kentang rebus supaya menu buka puasa kamu kali ini semakin lezat dan menggugah selera. 

Baca Juga : Tips Makanan Lezat Untuk Anak Kost

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *