Susah buang air besar
Kesehatan

Susah Buang Air Besar? Saatnya Anda Kurangi Konsumsi Makanan Berikut!

Banyak orang yang menyepelekan saat susah buang air besar. Bahkan tak sedikit yang tenang-tenang saja ketika sudah beberapa hari tak BAB karena menganggapnya sebagai hal biasa.

Padahal tidak buang air besar selama berhari-hari berarti perut menyimpan sisa makanan dan kotoran yang sebenarnya bisa membahayakan.

Maka dari itu, Anda tak boleh menyepelekan susahnya buang air besar apalagi kalau hanya mengatasinya dengan obat.

Sebab pada dasarnya, susah buang air besar bukan penyakit yang perlu diobati. Yang harus dilakukan adalah memperhatikan apa yang Anda konsumsi.

Beberapa makanan seperti berikut ini terbukti membuat Anda lebih susah buang air besar:

1. Makanan yang digoreng

Wah, paling susah kalau harus menahan diri untuk tidak mengonsumsi makanan yang digoreng, ya!

Semua makanan memang akan terasa enak kalau digoreng, terlebih lagi jika dibalut tepung yang membuat teksturnya jadi lebih renyah.

Meski rasanya sangat enak, tapi ternyata makanan yang digoreng bisa membuat Anda susah buang air besar. Hal ini karena lemak jenuh yang ada di dalamnya bisa menimbulkan konstipasi yang disebabkan oleh ketidakseimbangan mikroba.

Maka dari itu, mulai sekarang cobalah untuk mengurangi konsumsi makanan yang digoreng. Jika ingin tekstur renyah, Anda bisa mengolahnya dengan oven atau air fryer yang bebas minyak.

2. Makanan dan minuman yang mengandung alkohol

Alkohol memang bukanlah sesuatu yang baik untuk kesehatan. Meski demikian, masih banyak orang yang mengonsumsinya dengan alasan bisa mengurangi stres dan membuat perasaan jadi lebih baik.

Tapi banyak yang tak menyadari kalau alkohol ternyata juga bisa menyebabkan konstipasi. Awalnya, terlalu banyak mengonsumsi alkohol memang justru memicu diare.

Tapi setelah diare terlalu parah, tubuh akan mengalami dehidrasi yang kemudian memicu terjadinya konstipasi.

Anda perlu menghindari semua jenis alkohol, termasuk alkohol manis yang biasanya dijadikan campuran cokelat atau menu-menu penutup mulut.

3. Olahan susu

Khusus untuk yang satu ini, hanya beberapa orang saja yang bisa mengalami konstipasi karena mengonsumsi olahan susu. Hal ini dikarenakan ada kandungan di dalam olahan susu yang menyebabkan intoleransi dan memicu konstipasi.

Meski demikian, tidak semua orang alergi dengan seluruh jenis olahan susu. Ada yang bisa minum susu sapi, tapi tak bisa mengonsumsi keju.

Jadi Anda perlu jeli mengamati olahan susu mana yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan termasuk susah buang air besar.

4. Makanan yang terlalu berserat

Selama ini makanan berserat dikenal sebagai solusi terbaik untuk memperlancar pencernaan. Tapi di sisi lain, makanan yang terlalu berserat ternyata juga bisa menyebabkan konstipasi, terutama pada bayi dan anak-anak.

Itulah mengapa sebaiknya Anda mengatur kombinasi makanan sehingga tidak semuanya tinggi serat yang justru akan menyebabkan kesulitan buang air besar.

Bisa buang air besar setiap hari menandakan pencernaan ada dalam kondisi sehat dan bisa mengeluarkan kotoran dengan baik.

Anda juga perlu mengamati bentuk dan tekstur kotoran untuk mengetahui apakah ada masalah di dalam perut yang perlu segera diatasi.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *