Kesehatan

Makanan yang Harus Dihindari Saat Migrain

Salah satu masalah kesehatan yang paling umum dialami bagi semua orang, adalah migrain atau sakit kepala sebelah. Selain dapat membuat kepala pusing tidak karuan, migrain juga akan membuat kita kesulitan untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Tentunya masalah ini merupakan gejala dari kondisi yang bisa saja menjadi masalah yang semakin parah lagi, jika kita mengkonsumsi makanan yang sembarangan. Dengan begitu, ada banyak sekali penyebab dari masalah migrain yang diantaranya adalah stress, tubuh yang kelelahan, sindrom PMS atau mengkonsumsi makanan tertentu yang bisa menyebabkan masalah kesehatan. Nah, untuk itu berikut ini makanan yang harus dihindari saat sedang mengalami migrain :

  1. Minuman Beralkohol

Tentunya, minuman yang satu ini merupakan minuman yang tidak baik untuk kesehatan. Sehingga bagi anda yang sedang mengalami migrain sebaiknya anda menghindari minuman beralkohol, karena jika mengkonsumsi minuman beralkohol saat migrain akan berisiko mengalami gejala migrain yang lebih parah. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan pengawet yang berjenis sulfite, yang bisa membuat gejala sakit kepala semakin memburuk. Selain itu juga, kandungan lain seperti tyramine dan phenylethylamine juga bisa menyebabkan efek yang sama. Efek lainnya jika mengkonsumsi alkohol, bisa membuat anda mengalami dehidrasi. Padahal jika sampai tubuh mengalami dehidrasi, maka gejala sakit kepala pun akan menjadi semakin parah lagi.

  1. Keju

Tentunya keju digemari oleh banyak orang, yang mempunyai rasa gurih serta lezat yang bisa ditambahkan di berbagai macam makanan. Tetapi juga, jika anda sedang mengalami migrain atau sakit kepala sebaiknya anda menghindari keju untuk sementara waktu. Dikarenakan, hal ini bisa membuat gejala migrain menjadi semakin parah lagi. Yang disebabkan oleh adanya kandungan tyramine di dalam keju, yang bisa menyebabkan dampak tersebut.

  1. MSG

Makanan dengan kadar MSG yang tinggi seperti camilan kemasan, makanan cepat saji, makan olahan, dan makanan kalengan bisa membuat gejala migrain menjadi semakin parah. Untuk itu, bagi anda yang sedang mengalami gejala migrain sebaiknya hindari makanan tersebut.  Supaya, migrain yang sedang anda alami tidak menjadi lebih parah lagi.

  1. Makanan Pedas

Tentunya banyak orang yang sengaja mengkonsumsi makanan pedas saat sedang tidak enak badan, atau sedang mengalami migrain karena berpikir jika makanan ini akan bisa membuat tubuh menjadi lebih segar. Tetapi sayangnya hal ini tidak bisa terjadi, karena jika mengkonsumsi makanan pedas saat migrain akan membuat gejala migrain menjadi semakin parah. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan capsaicin yang akan memicu reaksi dengan reseptor TPR di dalam otak, yang pada akhirnya bisa membuat gejala migrain bisa menjadi semakin parah.

Nah, itulah beberapa makanan yang harus dihindari saat sedang mengalami migrain. Semoga informasi ini bisa bermanfaat, terima kasih.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *