kandungan-skincare-yang-berbahaya
Kesehatan Parenting Tips

Kandungan Skincare Untuk Ibu Hamil Yang Perlu Dihindari

mpokbela.com – Kandungan skincare yang berbahaya wajib untuk dihindari oleh ibu hamil. Skincare yang digunakan oleh ibu yang sedang mengandung sudah seharusnya aman baik bagi kesehatan ibu hamil maupun bagi janin yang dikandungnya, untuk itu beberapa kandungan skincare perlu dihindari. Sebab tidak semua kandungan pada skincare bersifat aman dan baik untuk ibu yang sedang mengandung. Justru beberapa kandungan yang ada pada skincare bisa saja membahayakan bagi perkembangan janin. Berikut beberapa kandungan pada skincare yang harus dihindari oleh ibu hamil.

Paraben

Sebenarnya tidak semua Paraben bersifat berbahaya bagi tubuh. Namun Paraben yang digunakan lama-kelamaan dapat menumpuk dan terakumulasi di dalam tubuh. Tentu saja hal ini harus dihindari oleh ibu yang sedang hamil. Sebab Paraben dapat menimbulkan gangguan pada perkembangan janin. Bahkan Paraben ini juga bisa saja berpengaruh sampai dengan bayi lahir. 

Benzoyl Peroxide

Skincare yang akan digunakan oleh ibu hamil juga seharusnya tidak mengandung Benzoyl Peroxide. Mungkin kandungan yang satu ini memiliki keunggulan dalam membasmi jerawat. Namun formulanya rupanya dapat menyebabkan kerusakan janin. Untuk itu skincare yang mengandung Benzoyl Peroxide sebaiknya tidak sampai terjamah oleh ibu yang sedang mengandung. 

Botox

Botox merupakan singkatan dari Botulinum Toxin. Botox ini dapat menimbulkan efek yang berbahaya terutama bagi ibu hamil. Memang sebenarnya perawatan yang di dalamnya terkandung Botox tidaklah dianjurkan. Sebab Botox ini bisa saja menimbulkan kelumpuhan pada otot terutama di sekitar kerutan yang ada pada tubuh. Tentu hal ini lebih berbahaya bagi keberadaan janin. 

Hydroquinone

Kandungan skincare untuk ibu hamil yang harus dihindari ini biasanya terdapat pada produk pencerah wajah. Formula Hydroquinone sebaiknya dihindari terutama oleh ibu yang sedang mengandung. Sebab formula Hydroquinone ini dapat meresap ke dalam kulit dengan lebih mudah. Maka kandungan berbahaya yang ada pada skincare ini dapat segera mengkontaminasi aliran darah yang bisa mengakibatkan dampak buruk pada kesehatan ibu dan janin. 

Retinoid

Formula Retinoid juga dinilai berbahaya bagi ibu hamil. Umumnya Retinoid terkandung di dalam produk skincare anti-aging. Sebenarnya Retinoid ini merupakan golongan turunan dari vitamin A. Namun formulanya bisa menyebabkan resiko yang berbahaya bagi janin. Bahkan kandungan pada skincare ini juga bisa menyebabkan terjadinya racun pada liver.

Baca Juga: Apa Sih yang Bisa Dilakukan Serum Vitamin C Pada Kulit Anda?

Formaldehyde

Bahan kimia yang satu ini juga perlu dihindari karena menimbulkan dampak berbahaya bagi ibu yang sedang mengandung. Bahan kimia ini sering pula disebut dengan nama formalin. Tentu saja kandungan ini dapat menyebabkan terjadinya berbagai masalah kesehatan. Seperti misalnya terjadi iritasi dan gangguan pernapasan serta timbulnya kanker. 

Sodium Lauryl Sulfat

Kandungan pada skincare yang terakhir perlu dihindari adalah Sodium Lauryl Sulfat. Anda bisa menemukan bahan kimia yang satu ini pada produk perawatan rambut. Umumnya beberapa produk perawatan rambut mengandung terlalu banyak mengandung bahan tersebut. Bahkan kandungan bisa melebihi standar. Tentu saja hal ini sangatlah membahayakan terutama pada masa kehamilan. 

Kandungan skincare yang berbahaya untuk ibu hamil seperti di atas sudah seharusnya dihindari. Sebaiknya ibu hamil melihat setiap kandungan atau komposisi yang ada pada tiap skincare. Jika memang skincare mengandung satu dari beberapa kandungan di atas maka sebaiknya ibu tidak membelinya ataupun menggunakannya. Masih banyak kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil. Maka sebaiknya ibu bisa lebih teliti dan cermat dalam memilih dan membeli skincare yang terbaik.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *