gangguan pencernaan
Kesehatan

Ini Dia Tips Mudah untuk Mencegah Terjadinya Gangguan Pencernaan

Setiap orang pastinya pernah mengalami perut yang merasa tidak nyaman seperti merasa mual dan juga ingin muntah, perut terasa nyeri dan melilit, perut yang merasa kenyang dalam waktu yang relatif lama, diare atau sembelit, perut bagian atas yang meras panas, perut terasa kembung, perut terasa keras, dan ketidaknyamanan lainnya.

Semua ketidaknyamanan yang terjadi pada bagian perut itu merupakan gejala dari telah terjadinya gangguan pada sistem pencernaan. Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya gangguan pada pencernaan seperti bakteri, kebiasaan tidak teraturnya makan, dan alat pencernaan mengalami kelainan.

Pada saat gangguan pencernaan ini sedang dialami pastinya setiap orang ingin segera mengatasi ketidaknyaman pada perutnya ini. Jika kamu seseorang yang sering mengalami gangguan pada pencernaan maka tidak perlu khawatir karena kami akan memberikan tips mudah untuk mencegah terjadinya.

Berikut tips mudah untuk mencegah terjadinya gangguan pencernaan diantaranya yaitu :

1. Dengan menjaga pola makan

Sebaiknya jika akan makan jangan dengan waktu yang terlalu berdekatan, sebaiknya waktu makan diberi jarak setiap empat jam sekali.

Dengan Memperhatikan Komposisi Zat Makanan Yang Dikonsumsi
Sebaiknya juga ketika akan makan itu dengan memperhatikan komposisi zat yang terkandung dalam makanan yang akan dikonsumsi.

Misalnya dengan mengkonsumsi menu yang seimbang yaitu menu makanan empat sehat lima sempurna. Makanan yang dikonsumsi itu harus mengandung zat karbohidrat, protein, mineral, vitamin, kalsium, dan juga susu.

2. Dengan mengatur porsi makan

Ketika akan makan juga sebaiknya porsinya diatur, jangan mengkonsumsi makanan secara berlebihan karena akan membuat lambung bekerja dengan ekstra sehingga nantinya akan menyebabkan asam lambung untuk proses pencernaan akan keluar lebih banyak.

Jika asam lambung ini berproduksi secara berlebihan maka akan menyebaban pencernaan akan terganggu.

3. Dengan mengunyah makanan sesuai aturan

Proses mengunyah makanan itu selain akan dapat memecahkan makanan tetapi juga akan dapat membantu didalam merangsang lambung dan usus halus untuk memproduksi enzim enzim pencernaan yang akan sangat dibutuhkan didalam proses pencernaan makanan.

Oleh karena itulah kunyalah makanan sesuai dengan aturan atau secara perlahan.

4. Tidak berbaring setelah makan

Jika kamu mempunyai kebiasaan berbaring setelah makan, maka buanglah kebiasaan buruk itu. Karena jika setelah makan langsung berbaring maka dikhawatirkan makanan yang telah masuk kedalam lambung itu akan dikembalikan lagi ke kerongkongan.

5. Saat makan jangan terlalu banyak minum

Sebaiknya ketika makan itu jangan terlalu banyak minum air, karena air yang masuk pada saat mengkonsumsi makanan itu akan menyebabkan berkurangnya aktifitas produksi cairan pencernaan.

Sehingga tidak akan dicernannya makanan secara sempurna. Sebaiknya minumlah lima belas menit setelah selesai makan.

Itulah tips mudah untuk mencegah terjadinya gangguan pencernaan. Dengan melakukan tips tips diatas maka dijamin perut akan terbebas dari ketidaknyamanan, sehingga aktivitas kita sehar hari tidak akan terganggu dan akan berjalan dengan lancar karena perut yang merasa nyaman.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *