perut rata
Kesehatan

Ingin Perut Rata dan Tidak Gemuk? Berikut Penjelasan dari Fitness Consultant, Loic Lapeze

Walaupun mungkin ada, akan tetapi mayoritas wanita di seluruh dunia ini menginginkan bentuk tubuh yang proporsional, terutama pada bagian perut.

Tidak sedikit yang melakukan berbagai macam cara, termasuk olahraga di pusat kebugaran agar mendapatkan bentuk perut yang rata dan langsing.

Sayangnya, tidak banyak orang yang memiliki waktu atau juga uang untuk dapat digunakan ke pusat kebugaran.

Oleh karenanya, rata-rata untuk mensikapinya, mereka akan melakukan olahraga sendiri di rumah atau secara manual (tanpa bantuan instruktur).

Namun, biarpun banyak berolahraga dan menjaga pola makan, ada kalanya perut masih menggembung alias terlihat gemuk.

Dengan bagian perut terlihat gemuk, maka selain akan mempengaruhi penampilan, masalah lain yang bakalan dihadapi adalah pakaian yang semula muat, terutama celana, menjadi sempit atau bahkan tidak dapat dikenakan lagi.

Berikut ini ada beberapa informasi sekaligus tips sehat, bugar dan sederhana dari seorang pelatih kebugaran sekaligus fitness consultant dari Prancis, Loïc Lapeze, terkait dengan masalah perut dan cara membentuknya.

Kenapa lemak bagian perut sangat susah dihilangkan?

Perut yang terlihat gemuk memang sangat tidak sedap dipandang mata, terutama bagi orang yang bersangkutan karena akan susah untuk berpenampilan lebih elegan.

Sayangnya, tidak sedikit yang merasa tidak sabar akan prosesnya dan akhirnya kembali ke pola makan sebelumnya daripada meneruskan berdiet dan berolahraga secara teratur.

Dengan semakin banyaknya makanan yang dikonsumsi dan mayoritas terpendam atau tidak berubah menjadi kalori plus kurang geraknya seseorang, maka semakin lama akan menumpuk menjadi timbunan lemak.

Oleh karenanya, Lapeze menyarankan agar seseorang yang ingin menghilangkan lemak di perutnya untuk melakukan aktivitas fisik yang memungkinkan untuk dapat mengembangkan sistem kardiovaskular dan otot, terutama pada bagian perutnya.

Mana yang lebih penting atau efisien, melakukan olahraga kardio atau melakukan pembentukan tubuh (body building)?

Tidak ada yang paling efisien atau paling penting dalam hal ini, menurut Lapeze. Untuk mendapatkan bentuk tubuh, terutama pada bagian perut yang optimal dan bagus, maka kedua aktivitas tersebut dapat dilakukan secara berurutan secara progresif.

Olahraga seperti apa yang disarankan dapat dilakukan sendiri di rumah?

Untuk dapat membentuk tubuh, terutama bagian perut, maka ada beberapa latihan sederhana yang dapat dilakukan sendiri di rumah, antara lain;

– Latihan pernafasan untuk dapat membantu relaksasi pada setiap orang tubuh. Lakukan sekitar 1 menit

– Latihan dengan menggunakan kursi. Caranya sangat beragam, mulai dari melakukan angkat badan dengan bertumpu pada kursi sampai dengan squash dengan tangan atau bagian pantat masih menggunakan tumpuan kursi. Lakukan sekitar 1 menit.

– Latihan peregangan dan kekuatan, seperti push up, sit up, squash dan lain sejenisnya.

– Ventral sheathing atau latihan dengan mengambil tumpuan pada ujung kaki dan siku. Lakukan selama 30 detik sampai 1 menit.

Apakah dengan melakukan beberapa latihan di atas akan dapat membuat perut rata?

Lapeze mengatakan bahwa latihan-latihan seperti yang disebutkan di atas tidak dapat membuat perut menjadi rata atau berbentuk sixpack, hanya saja aktivitas tersebut dapat membantuk menguatkan otot-otot perut dan mengikis lemak.

Sedangkan untuk membentuk perut menjadi rata atau sixpack, maka dibutuhkan latihan yang lebih dari itu.

Hal tersebut dikarenakan bagian perut manusia terdapat beberapa layer atau lapisan, mulai dari otot superficial sampai dengan otot bagian dalam.

Makanan apa yang perlu dilakukan untuk menghindari penumpukan lemak dalam perut?

Menurut lapeze, tidak ada makanan khusus yang dapat secara ajaib mampu menghilangkan lemak dalam perut atau membuat perut menjadi rata.

Semua makanan tetap baik untuk dikonsumsi asalkan tidak secara berlebihan dan harus mengetahui bagaimana cara membuat makanan-makanan tersebut menjadi energi dalam tubuh.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *