hewan peliharaan
Kesehatan

Hewan Peliharaan Terbukti Baik untuk Kesehatan, Masih Ragu?

Punya hewan peliharaan seperti anjing, kucing, atau kelinci memang menyenangkan, ya. Di saat lelah usai pulang bekerja, bermain dengan hewan peliharaan bisa membantu menekan stres.

Tapi di samping itu, banyak orang yang berpikir dua kali untuk memiliki hewan peliharaan karena perawatannya yang tidak mudah.

Anda harus membersihkan kotoran dan mengganti pasirnya secara rutin, menyediakan makanan dan minumannya, mencuci kandang, memandikan, serta membawa ke dokter hewan untuk divaksin.

Di luar itu, masih banyak kerepotan lain yang bisa ditimbulkan hewan peliharaan misalnya saat poop sembarangan, muntah di karpet, bulu-bulunya menempel di pakaian, atau juga ketika kabur entah ke mana.

Namun di balik itu semua, memelihara binatang di rumah ternyata terbukti baik untuk kesehatan. Tak percaya? Yuk, simak informasinya berikut ini:

1. Memelihara hewan bisa memaksimalkan kesehatan jantung

Bukan rahasia lagi kalau penyakit jantung bisa bermula dari stres berlebih. Memiliki hewan peliharaan bisa membantu mengurangi rasa stres sehingga menurunkan resiko terkena penyakit jantung.

Di sisi lain, sebuah penelitian membuktikan bahwa orang yang memlihara anjing di rumah memiliki tekanan darah yang lebih rendah dan kadar kolesterol yang rendah pula.

Hal ini ternyata ada hubungannya dengan kondisi psikis yang sehat karena terhibur dengan anjing peliharaannya.

2. Binatang kesayangan membantu menjaga kesehatan mental

Beberapa negara-negara maju sudah mulai memperbolehkan adanya hewan peliharaan di dalam kantor.

Hal dikarenakan ada penelitian yang menyebutkan bahwa berinteraksi dengan hewan peliharaan bisa menurunkan level stres dengan cukup drastis, terutama yang dialami oleh para pekerja.

Dengan adanya hewan peliharaan di kantor, diharapkan bisa menjaga level stres para pekerja tetap stabil dan membantu mengoptimalkan kesehatan mental mereka.

3. Membantu mengurangi migrain

Salah satu faktor penyebab migrain yang sering ditemukan adalah karena stres, serta tingginya tekanan darah.

Nah, memiliki hewan peliharaan ternyata bisa menjaga detak jantung tetap stabil dan juga membantu menurunkan tekanan darah yang membuat level stres juga terjaga.

Hal ini berpengaruh terhadap kemungkinan terserang migrain.

4. Memicu gerak tubuh

Saat memiliki hewan peliharaan, Anda harus meluangkan waktu untuk mengajaknya berjalan-jalan di luar ruangan. Secara tidak langsung, Anda juga menjadi lebih sehat karena lebih banyak bergerak.

Selain itu, saat di rumah pun kadang Anda harus mengejar anjing atau kucing peliharaan, mengangkat sekarung pasir untuk kotoran mereka, atau membersihkan kandangnya yang mana juga membutuhkan energi ekstra.

5. Mengurangi resiko alergi

Anak-anak yang sering berinteraksi dengan hewan peliharaan seperti anjing atau kucing terbukti memiliki resiko lebih rendah terserang alergi saat dewasa.

Jadi salah sekali anggapan yang menyebutkan bahwa anak-anak yang dekat dengan hewan peliharaan justru bisa terserang penyakit akibat bulunya.

Hal ini malah bisa membuat anak lebih kebal dari bakteri, lho!

Dengan berbagai hal positif tersebut, masihkah Anda ragu untuk memelihara satu hewan lucu di rumah?

Jangan lupa perhatikan perawatan kesehatannya dengan membawanya ke dokter secara teratur dan memberikannya vaksin, ya!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *