manfaat-jahe-merah-untuk-kesehatan
Kesehatan

4 Manfaat Jahe Merah Yang Luar Biasa Untuk Kesehatan 

MpokBela.com –  Jahe merah (Zibgiber officinale var Rubrum) merupakan tanaman rimpang berwarna merah yang ukurannya lebih kecil dari jahe putih/kuning (jahe badak).

Jahe merah biasanya baru bisa dipanen ketika sudah tua/matang. Karena jahe merah yang lebih matang mengandung minyak atsiri yang lebih banyak dibandingkan jahe biasa. Inilah yang membuat rasa jahe merah lebih pedas dibandingkan jahe biasa. Dan hal ini pula yang membuat jahe merah sering digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai macam penyakit. 

Dalam sebuah riset, disebutkan bahwa manfaat jahe merah untuk kesehatan di antaranya adalah sebagai peluruh kentut (karminatif), anti muntah, pereda kejang, anti pengerasan pembuluh darah, anti peradangan, peluruh keringat, dan masih banyak lagi. Pengolahan jahe merah pun beragam, yang paling sering ditemui adalah jahe merah yang diolah menjadi minuman yang bisa menghangatkan badan saat cuaca hujan/dingin.

Nah selain beberapa manfaat jahe merah untuk kesehatan yang telah disebutkan di atas, masih banyak nih manfaat lainnya dari jahe merah. Yuk kita simak ada apa saja!

1. Dapat Memperbaiki Gairah Seksual

Manfaat jahe merah untuk kesehatan yang pertama adalah untuk memperbaiki gairah seksual. Jahe merah dikenal sebagai obat tradisional yang seringkali digunakan untuk memperbaiki disfungsi seksual.

Sebuah penelitian dari Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada menyebutkan bahwa jahe merah yang diolah menjadi minyak essensial memang dapat bertindak sebagai afrodisiak untuk meningkatkan libido seseorang.

2. Memiliki Sifat Anti Radang

Manfaat jahe merah untuk kesehatan yang kedua adalah memiliki sifat anti radang. Hal ini dikarenakan pada jahe merah terdapat kandungan gingerol, gingerdione, dan zingeron yang mampu menghambat prostaglandin yang merupakan pereda radang. Dimana efek tersebut sama dengan efek anti radang dari asam mefenamat dan ibuprofen yang merupakan obat anti radang nonsteroid (NSAIDs).

Baca juga: Kumpulan Artikel Terbaru Tentang Obat Herbal Untuk Wanita di Popbela

3. Membantu Mengurangi Morning Sickness

Manfat jahe merah yang ketiga adalah dapat mengurangi morning sickness bagi ibu hamil. Memang sudah sejak lama minuman rebusan air jahe ini terkenal sebagai pereda rasa mual, baik yang disebabkan oleh mabuk kendaraan, pasca operasi, maupun kemoterapi. Bahkan, ada sebuah studi yang menunjukkan bahwa air jahe merah ini sangat efektif untuk meredakan mual pada ibu hamil di trimester pertama alias morning sickness.

Meski demikian, ibu yang sedang hamil sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi ar jahe merah terlalu banyak. Karena ada sebagian orang yang meyakini bahwa dengan mengonsumsi air jahe terlalu banyak saat hamil muda akan menyebabkan keguguran, walaupun anggapan tersebut tidak memiliki landasan yang ilmiah.  

4. Dapat Mengatasi Gejala Osteoarthritis

Manfaat jahe merah yang terakhir adalah untuk mengatasi gejala osteoarthritis. Dalam hal ini, ada sebuah studi yang dilakukan di Iran dan Amerika Serikat yang membuktikan bahwa jahe merah memiliki efek yang sama dengan ibuprofen dalam mengatasi gejala-gejala osteoarthritis, termasuk rasa nyeri. Dengan mengonsumsi jahe merah terbukti dapat mengurangi sakit pada lutut karena tanaman yang satu ini memang bersifat anti radang. 

Tak hanya memiliki warna merah yang cantik, namun jahe merah memang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan manusia. Dengan mengonsumsinya secara rutin dalam berbagai olahan, hidup pun akan terasa lebih sehat dan lebih baik.

Baca juga: Berbagai Manfaat Daun Sirih Bagi Wanita yang Penting untuk Diketahui

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *