Kecantikan Kesehatan

Sebelum Merawat Kuku, Siapkan 5 Alat Meni Pedi Ini!

Sebelum Merawat Kuku, Siapkan 5 Alat Meni Pedi Ini. Baca di Sini!

Sebelum merawat kuku, kita harus memastikan apa saja yang harus dilakukan. Menjaga kebersihan tangan dan kaki menjadi cerminan dalam menjaga kebersihan tubuh secara keseluruhan. Sangat penting bagi kamu untuk selalu memberikan perhatian khusus pada tangan dan kaki. Seperti salah satu caranya yaitu dengan melakukan meni pedi. 

Namun sayangnya, masih banyak diantara kamu yang kurang bisa membersihkan kuku dengan benar dan mengetahui peralatan untuk merawat kuku. Nah, sebelum mulai merawat kuku, kamu harus siapkan terlebih dahulu 5 alat meni pedi berikut ini :

1. Alat Pemotong Kuku

Gampang, Ini Cara Menajamkan Gunting Kuku yang Tumpul
Sumber: Kompas.com

Alat meni pedi yang paling dasar adalah alat pemotong kuku. Adapun alat pemotong kuku yang baik adalah gunting kuku yang memiliki sedikit lengkungan pada pisaunya. Terdapat dua jenis gunting kuku yaitu kecil dan besar. 

Gunting kuku yang kecil digunakan untuk memotong jari tangan, sementara yang besar digunakan untuk memotong kuku jari kaki. Sebab, kuku pada jari kaki memiliki ketebalan dua hingga tiga kali lipat jika dibandingkan dengan kuku pada jari tangan kanan. 

Gunakanlah gunting kuku yang tajam agar memotong kuku lebih mudah. Sebaiknya potong kuku setelah mandi. 

2. Cuticle Pusher

Jual Nail Cuticle Pusher Manicure Nail Art - Pendorong Kutikula | Shopee  Indonesia
Sumber: Shopee

Sebelum memotong kutikula pada kuku, sebaiknya kamu menggunakan alat cuticle pusher. Fungsi alat ini adalah untuk mendorong jaringan kutikula kuku ke pangkal kuku. Sedangkan kutikula membutuhkan perawatan khusus agar tidak menjadi kering atau bersisik di kaki atau di tangan. 

Jika memiliki kulit yang keras, sebaiknya kamu menggunakan alat pengiris kutikula yang terbuat dari baja. Tapi jika kutikulanya agak lembut, sebaiknya menggunakan alat dari bahan kayu. Perlu diingat, kamu tidak boleh memotong kutikula, yang boleh kamu lakukan hanya mendorongnya saja. 

3. Pemisah Jari

Jual Nail separator toe separator pembatas jari pemisah jari tangan kaki  manicure pedicure (2pcs) | Shopee Indonesia
Sumber: Shopee

Alat meni pedi selanjutnya yang harus disiapkan adalah alat pemisah jari. Alat ini berguna untuk memisahkan jari yang satu dengan yang lain agar tidak menempel. Alat pemisah jari ini biasanya berbahan dasar spons yang empuk dan lembut dengan sekat – sekat jari ditengahnya, sehingga nyaman digunakan saat melakukan perawatan kuku. Alat ini bisa kamu gunakan saat memotong kuku atau menggunakan kuteks. 

Baca juga: Rekomendasi 6 Produk Body Lotion yang Wanginya Tahan Lama

4. Emory Boards

Jual 10 PCS Professional Double Sided Nail Files Emery Board Grit Black Gel  - Jakarta Utara - Exborders | Tokopedia
Sumber: Tokopedia

Alat selanjutnya yang harus disiapkan untuk merawat kuku adalah emory board. Fungsi alat ini adalah untuk membentuk kuku dan membuatnya berkilau. Emory board bisa membuat kuku terlihat berkilau secara alami. Selain itu, alat ini juga bisa membantu menghilangkan tonjolan kering pada kuku, caranya yaitu dengan menghaluskannya. 

Saat menggunakan alat ini sebaiknya tidak terlalu keras karena bisa menyebabkan penipisan kuku. 

5. Batu Apung

Cara gunakan batu apung untuk sembuhkan kaki kering
Sumber: Alinea.id

Alat terakhir yang harus disiapkan untuk perawatan kuku adalah batu apung. Fungsi batu apung adalah untuk mengangkat lapisan terluar sel kulit mati pada bagian bawah tumit. 

Cara menggunakan batu apung adalah dengan menggosokkannya secara perlahan ke area tumit kaki, lutut, siku, dan area bawah kaki lainnya selama sepuluh menit. Dengan melakukan cara ini, maka bisa membantu menghilangkan kulit pecah – pecah pada kakimu. 

Sangat dianjurkan untuk menyimpan alat meni pedi di dalam air hangat yang sudah diberi sabun, tujuannya adalah untuk membunuh semua kuman dan membantu menjaga kebersihan peralatan bebas bakteri. 

Ada banyak manfaat yang bisa kamu rasakan saat melakukan meni pedi seperti membantu merawat kutikula, merapikan kuku, merawat kulit kering di tangan kanan dan kaki, mengangkat sel kulit mati, mengatasi berbagai keluhan di tangan dan kaki, serta memberikan efek relaksasi.

Baca juga: Cara Melembabkan Bibir Kering, Efektif!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *