manfaat-daun-sirih-bagi-wanita
Kecantikan

Berbagai Manfaat Daun Sirih Bagi Wanita yang Penting Diketahui

Mpokbela.com – Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa vagina adalah organ intim wanita yang termasuk paling rentan terkena penyakit.

Apabila kita tidak pandai dalam merawat kebersihannya, besar kemungkinan akan muncul beragam masalah kesehatan pada area vagina.

Menurut informasi yang di dapat, salah satu masalah umum yang disebabkan oleh infeksi dan perawatan vagina yang tidak tepat itu merupakan fluor albus alias keputihan. Biasanya penyakit tersebut disebabkan oleh bakteri, jamur, virus, dan parasit.

Akibatnya, si penderita akan merasakan gatal serta sakit di bagian luar dan dalam vagina. Meski tidak termasuk masalah yang serius, namun kondisi keputihan ini tentunya dapat menghambat aktivitas bagi si penderita, terlebih ketika ia buang air kecil.

Ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah keputihan, entah itu dengan cara medis maupun dengan cara tradisional.

Nah, salah satu cara tradisional yang paling mudah dan ampuh untuk mengatasi keputihan, yakni dengan menggunakan daun sirih.

Mengapa harus daun sirih? Pasalnya, daun sirih memiliki sifat antiseptic yang efektif untuk membunuh jamur, bakteri, parasit, dan mikroorganisme penyebab keputihan. Adapun mengenai beragam manfaat daun sirih bagi wanita seperti dibawah ini:

1. Dapat Membersihkan Vagina

Daun sirih memiliki kandungan antiseptic yang efektif membunuh kuman di area vagina. Soal cara penggunaannya, sediakan 10 lembar daun sirih, cuci sampai bersih, lalu rebus dengan 500 mL air sampai mendidih. Tunggu hingga air rebusan tersebut hangat, kemudian gunakan untuk membasuh vagina.

2. Merapatkan Vagina

Tak hanya membersihkan, air rebusan daun sirih juga diyakini mampu merapatkan dan membuat kesat vagina. miss V lho.

3.  Menghilangkan Bau Tak Sedap di Area Vagina

Untuk mengusir aroma tak sedap di area vagina, kamu bisa langsung meminum air rebusan daun sirih. Atau, kamu juga bisa membersihkannya dengan cara membasuh area vagina menggunakan rebusan daun sirih secara rutin dan teratur. Tapi, pisahkan antara air rebusan untuk diminum dengan air rebusan untuk mencuci ya!

Baca juga: Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami

4. Dapat Mengatasi Masalah Keputihan

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, meski tidak membahayakan namun masalah keputihan ini dapat mengganggu aktivitas, termasuk dalam hubungan seksual dengan suami.

Maka dari itu, kamu bisa mengatasi masalah keputihan ini dengan membasuh area vagina menggunakan air rebusan daun sirih yang hangat, atau bisa meminum langsung ramuan air rebusan daun sirih tersebut.

5.  Menghilangkan Rasa Gatal-gatal di Area Vagina

Jika kamu sering mengalami rasa gatal-gatal di area vagina, maka penggunaan daun sirih ini merupakan pilihan yang paling tepat.

Soalnya, masalah gatal pada area vagina itu sendiri disebabkan karena adanya bakteri, jamur, kotoran, dan lembab. Guna mengatasi masalah gatal-gatal di area vagina, kamu bisa membasuh area vagina dengan air rebusan daun sirih.

Tak hanya itu, biasakan juga untuk mengganti celana dalam 1 kali dalam sehari agar tidak ada bakteri yang menempel.

6. Mengatasi Lendir Yang Berlebih

Manfaat terakhir dari daun sirih untuk kaum wanita, yaitu bisa mengatasi lendir yang berlebih. Dalam hal ini, kamu harus melakukan perawatan dengan daun sirih karena kandungan tannin didalamnya bisa mengurangi cairan alami yang berlebih di area vagina.

Caranya pun tidak berbeda jauh dengan cara yang diatas tadi, dimana kamu hanya perlu membasuh area vagina dengan air rebusan daun sirih.

Itulah manfaat daun sirih bagi wanita. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuanmu ya!

Baca juga: Cara Menghilangkan Komedo Putih dengan Produk Terbaik

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *