cara-merawat-rambut-rusak
Kecantikan

Inilah Tips dan Cara Merawat Rambut Rusak Yang Wajib Kamu Coba!

Mpokbela.com – Orang mana sih di dunia ini yang tidak ingin memiliki rambut yang sehat dan berkilau? Tentu saja kita semua sangat menginginkan hal itu, terlebih untuk para wanita.

Ya, terang saja demikian, sebab rambut ini merupakan salah satu anggota tubuh yang mempunyai peranan cukup penting dalam urusan penampilan pada seseorang.

Melihat akan hal itu, maka tak heran juga jika memiliki rambut yang sehat menjadi dambaan bagi setiap orang.

Namun, ada beberapa faktor yang bisa membuat rambut kita menjadi rusak, seperti paparan sinar matahari, polusi, keringat, hingga penggunaan shampoo yang tidak cocok.

Nah, bagi kalian yang belum tahun tentang cara merawat rambut rusak, berikut di bawah ini ada beberapa tips alaminya yang wajib dicoba.

Cara Merawat Rambut Kering

cara-merawat-rambut-kering

1. Menggunakan Shampo Yang Tepat

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa penggunaan shampoo yang tidak cocok itu merupakan salah satu faktor yang membuat rambut menjadi rusak. Oleh karena itu, kamu harus menggunakan produk shampoo yang tepat.

2. Menggunakan Hair Mask

Selain menggunakan shampoo yang tepat, tipe rambut kering juga disarankan untuk menggunakan hair mask agar kebutuhan nutrisi rambutnya terpenuhi.

3. Hair Wrap

Setelah berkeramas, coba tutupi rambutmu yang masih basah dengan menggunakan handuk dan diamkan selama 1 jam. Jika sudah demikian, buka kembali handuknya dan diamkan kering. Dengan begitu, maka rambutmu akan menjadi lebih lembut.

Cara Merawat Rambut Rontok

Cara-Merawat-Rambut-Rontok

1. Menggunakan Daun Jambu Biji

Berdasarkan dari hasil penelitian, kandungan nutrisi dan vitamin pada daun jambu biji ini dapat memelihara kesehatan rambut.

Mengenai caranya, siapkan beberapa lembar daun jambu biji, rebus dengan air mendidih, lalu dinginkan. Setelah dingin, semprotkan air tersebut pada kulit kepala setelah keramas, dan beri sedikit pijatan.

2. Menggunakan Masker Bawang Merah dan Bawang Putih

Sama halnya dengan daun jambu biiji, bawang merah dan bawang putih ini juga sangat bagus untuk memelihara kesehatan rambut.

Siapkan beberapa butir bawang merah dan bawang putih, tumbuk sampai hancur, lalu aplikasikan pada kulit kepala sambil dipijat-pijat perlahan, dan diamkan selama 10 menitan.

Setelah itu, silahkan bilas lagi dengan air dan shampoo seperti biasa sampai bersih.

Cara Merawat Rambut Keriting

Cara-Merawat-Rambut-Keriting

1. Menggunakan Produk Khusus Rambut Kering

Pada umumnya, produk perawatan rambut yang kering itu terdiri dari shampoo, conditioner, dan serum / styling product.

2. Menggunakan Leave-on Conditioner

Menggunakan conditioner tanpa bilas atau cream penyisir rambut, yang bertujuan agar rambut keriting tidak jadi liar.

3. Menggunakan Handuk Lembut

Dalam hal ini, disarankan bagi kamu untuk menggunakan handuk microfiber karena bagian permukaannya memiliki tekstur lembut. Selain dengan menggunakan handuk tersebut, kamu juga bisa menggunakan kaos yang berbahan lembut.

4. Menggunakan Hair Mask Secara Rutin

Bagi kamu yang memiliki rambut keriting, maka gunakanlah hair mask secara rutin agar kelembapan rambutnya terjaga, atau minimalnya sekali dalam seminggu.

5. Mengikat Rambut Sebelum Tidur

Tips berikutnya untuk merawat rambut keriting, yakni mengikat rambut sebelum tidur. Ya, hal ini bertujuan agar rambutmu tidak kusut saat bangun tidur. Usahakan untuk mengikat rambutnya agak longgar.

Demikianlah ulasan singkat seputar tips dan cara merawat rambut rusak, yang mungkin saja kalian tertarik untuk mencobanya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *