cara lindungi kulit
Kecantikan

4 Cara Lindungi Kulit dan Rambut dari Kekeringan Saat Pancaroba

Ketika pergantian musim tiba, kulit dan rambut menjadi lebih kering dari biasanya. Tak hanya menimbulkan rasa kurang nyaman, penampilan juga jadi terlihat lebih kusam.

Kadang menutupinya dengan produk kecantikan malah mengganggu kesehatan kulit dan rambut. Lalu apa yang harus dilakukan? Apakah harus bertahan dalam kondisi tersebut hingga pancaroba terlewati?

Tenang saja, terdapat berbagai macam cara lindungi kulit dan rambut di musim pancaroba dan membuatnya terlihat lebih sehat seperti berikut ini:

1. Melakukan perawatan secara lebih detail

Saat musim pancaroba, kulit memang menjadi lebih kering sehingga sel kulit mati lebih tebal. Itulah mengapa kadang pelembap yang Anda aplikasikan tidak terlihat hasilnya.

Sebelum mengaplikasikan produk apapun, usahakan Anda melakukan eksfoliasi terlebih dahulu untuk menyingkirkan sel kulit mati secara menyeluruh.

Hal tersebut membuat kandungan yang ada di dalam produk pelembap bisa terserap secara optimal. Anda juga bisa menyemprotkan toner sebelum mulai menggunakan make up untuk membantu melembapkan wajah dengan cara alami.

Saat memilih produk untuk kulit dan rambut, cari yang mengandung hyaluronic acid karena memiliki molekul yang bisa mengikat air sehingga memberikan kelembapan alami.

2. Gunakan masker pelembap

Usai bekerja atau beraktivita di luar ruangan, kulit dan rambut biasanya jadi lebih kering. Anda bisa membantu melembapkannya dengan memakai masker khusus yang mengandung moisturizer tinggi.

Umumnya, masker untuk kulit dan juga rambut ini diperkaya dengan kandungan shea butter dan juga nut oil. Kedua bahan tersebut kaya akan vitamin E dan fatty acids yang bisa memaksimalkan nutrisi pada kulit dan rambut.

Selain itu, produk dengan kandungan argan oil dan juga coconut oil juga sangat baik untuk menjaga kondisi kulit dan rambut dari kekeringan.

3. Berhati-hati memilih bantal

Apa hubungannya bantal dengan kondisi kulit dan rambut? Beberapa jenis bantal, seperti yang memiliki sarung berbahan katun bisa menyerap kelembapan alami yang ada pada kulit dan rambut.

Anda bisa mencoba menggantinya dengan sarung bantal yang terbuat dari sutra di mana bisa menjaga kelembapan kulit dan rambut dengan lebih baik.

Selain itu, memakai sarung bantal sutra juga bisa mencegah rambut kusut saat tidur dan menghindari kulit wajah menjadi keriput.

4. Hindari produk yang mengandung sulfat

Kalau Anda sering menemui facial wash atau sampo yang sangat berbusa, itu karena kandungan sulfat yang ada di dalamnya. Sulfat ini memiliki sifat yang kering dan bisa membuat kulit terasa kesat.

Cocok digunakan untuk pemilik kulit berminyak, namun bisa membahayakan kulit yang sudah kering. Sebaiknya Anda memilih produk yang diperkaya dengan bahan alami dan bersifat melembapkan untuk menghindari kulit dan rambut kering.

Jangan lupa gunakan topi atau payung saat keluar ruangan sehingga kulit dan rambut tidak akant erpapar sinar ultraviolet secara langsung.

Anda juga sebaiknya tidak terlalu sering mencuci wajah dan rambut terlebih lagi dengan produk berbahan kimia kuat karena bisa menghilangkan minyak alami di dalamnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *