Informasi Tips

Tips Menjalani Karir Secara Seimbang

Berada di usia yang produktif terkadang membuat kita menjadi lebih ambisius untuk mengejar karir impian kita. Memang pada dasarnya, mengejar karir yang tinggi bukanlah hal yang mudah. Akan tetapi, perlu diperhatikan juga bahwa sekalipun kita menginginkan karir yang tinggi, kita tidak boleh melupakan pentingnya berbagi waktu bersama dengan keluarga, sahabat, dan pasangan karena kita terlalu sibuk untuk mengejar hal yang kita inginkan. Memang, bekerja merupakan sebuah kewajiban bagi orang dewasa, namun, artikel seputar karir dan hiburan juga mengarahkan kita untuk tetap memperhatikan keseimbangan secara fisik dan mental. Pastikan untuk menyeimbangkan hidup kita setiap saat. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk membuat karir kita menjadi lebih seimbang.

Tips Sukses Meniti Karier Sebelum Usia 40 Tahun - Lifestyle Liputan6.com

1. Bekerja sesuai dengan porsi yang sudah diberikan kepada kita

Pada zaman modern ini, sering kali kita bekerja berdasarkan sistem target. Hal ini bukan hanya berlaku untuk profesi yang berhubungan dengan penjualan saja, tetapi juga dengan profesi lainnya. Target ini juga akan dibarengi dengan dateline sehingga tidak jarang membuat kita menghadapi berbagai tantangan untuk mencapainya. Memang, menghadapi tantangan bukanlah hal yang mudah, akan tetapi pastikan untuk selalu bekerja sesuai porsi kita saja. Menawarkan bantuan pada orang lain memang hal yang baik, akan tetapi jangan sampai kita malah membuat pekerjaan kita menjadi terbengkalai. Pastikan juga untuk memberikan pekerjaan sesuai dengan porsi tim yang kamu miliki dan jangan sampai kamu malah mengerjakan porsi pekerjaan tim lain.

2. Berlatih mengelola waktu secara bijak

Memiliki target dalam bekerja memang bisa menjadi keuntungan sendiri karena kita dibebaskan untuk menentukan bagaimana kita melakukan pekerjaan kita. Maka dari itu, hal paling penting yang perlu kita lakukan ialah mengatur waktu dengan baik sehingga pekerjaan bisa tepat waktu, bahkan bisa lebih cepat dari deadline yang telah ditentukan. Untuk itu, sangatlah penting memiliki manajemen waktu yang baik setiap harinya. Berdasarkan target yang sudah kita miliki, cobalah untuk menentukan jadwal sendiri setiap harinya. Hal ini akan membantu kita untuk mengetahui apa kegiatan yang perlu kita lakukan dan prioritaskan pada hari pertama, kedua, dan selanjutnya.

Pekerjaan yang dibagi berdasarkan prioritas tentu harus ditentukan berdasarkan tingkat urgensi dan kesulitannya. Dengan begitu, kita tidak harus melanjutkan pekerjaan yang belum selesai di rumah. Karena pada dasarnya, rumah adalah tempat kita untuk melepas penat, bukan untuk melanjutkan pekerjaan yang belum terselesaikan.

3. Selalu datang dan pulang tepat waktu

Agar kehidupan karir dan personal seimbang, kebiasaan baik yang perlu kita latih ialah datang dan pulang kantor tepat waktu. Seseorang yang datang dan pulang kantor tepat waktu bisa memiliki waktu lebih banyak untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Ketika kita datang tepat waktu, kita bisa mengelola waktu yang kita miliki untuk mengejar pekerjaan-pekerjaan yang perlu diselesaikan di kantor. Sementara itu, gunakan juga waktu istirahat secara efektif, namun tetap berfokus pada deadline yang harus diselesaikan.

Setelah itu, kita juga perlu pulang kerja tepat waktu untuk menyeimbangkan antara kehidupan sehari-hari dengan karir. Ketika pekerjaan sudah selesai, tidak perlu lagi berlama-lama di kantor. Sudah waktunya kita pulang ke rumah atau berkumpul bersama orang-orang terdekat.

Dengan menerapkan keseimbangan antara kehidupan pribadi dan kehidupan profesional, kita akan meningkatkan kesehatan mental dan fisik kita. Jadi, mulai sekarang pastikan untuk menyeimbangkannya ya!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *