Informasi

Syarat Sah Wudhu yang Harus Diketahui Setiap Muslim

Selain harus memenuhi rukun wudhu, Anda juga harus memenuhi syarat sah dalam berwudhu agar wudhu yang dilakukan sah secara syariat. Karena syarat dan rukun atau tata cara wudhu memang tidak bisa dilepaskan satu dengan lainnya. 

Dengan kata lain ketika seseorang melakukan wudhu tanpa memenuhi syaratnya, maka tidak sah wudhunya. Begitu juga sebaliknya, ketika mampu memenuhi syarat tapi tidak sesuai dengan rukunnya, juga tidak sah.

Tata Cara Wudhu yang Benar Sesuai Sunnah, Lengkap Beserta Bacaan Doanya -  Ragam Bola.com

Langsung saja simak apa saja syarat yang menyebabkan sahnya wudhu berikut ini!

  • Muslim

Syarat yang menjadikan wudhu bisa sah atau tidak yang pertama adalah islam. Orang yang berwudhu akan mendapatkan pahala dari Allah SWT serta menjadikannya sebagai syarat wajib sebelum melakukan sholat. Tentunya hanya orang islam saja yang sah ketika berwudhu, sedangkan bagi non muslim tidak akan mendapatkan pahala.

Salah satu ulama’ fiqih, yaitu Imam Nawawi mengatakan bahwa wudhu adalah salah satu ibadah dalam kategori jasmaniah. Ibadah ini disyariatkan dalam islam, dan hanya orang islam yang sah melakukannya.

  • Tamyiz atau Balig

Maksud dari tamyiz adalah orang yang berakal, dan balig adalah orang yang sudah dewasa. Karena itu, bagi anak kecil wudhu hanya dijadikan sebagai kebiasaan saja, karena bagi mereka belum diwajibkan untuk beribadah.

Begitu juga ketika seorang yang gila, tidak sah ketika melakukan wudhu. Karena bagi orang gila juga tidak diwajibkan untuk melakukan ibadah.

  • Bersih dari Haid dan Nifas

Maksud dari haid adalah wanita yang sedang dalam kondisi menstruasi. Sedangkan nifas juga merupakan kondisi dimana wanita mengeluarkan darah nifas setelah melahirkan.

Kondisi wanita seperti ini memang tidak diwajibkan untuk melakukan ibadah. Bahkan terdapat larangan pada wanita yang berada dalam kondisi tersebut. Oleh karenanya, wanita yang sedang haid maupun nifas tidak perlu melakukan wudhu.

  • Tidak Ada yang Menghalangi Air pada Bagian-Bagian Badan yang Harus Dibasuh Saat Wudhu

Syarat sah selanjutnya adalah tidak adanya halangan dari air saat berwudhu. Seperti make up, kutek, lem, dan lain sebagainya yang bisa menempel pada anggota badan yang dibasuh. Karena itu, sebelum melakukan wudhu, Anda harus benar-benar bagian-bagian tubuh mana saja yang bisa terhalang tersebut.

Usahakan bersihkan terlebih dahulu berbagai macam kotoran yang ada di badan. Setelah itu, Anda bisa melakukan wudhu sesuai dengan rukun wudhu yang sudah disyariatkan.

Kecuali memang Anda dalam keadaan darurat. Seperti adanya perban setelah mengalami kecelakaan. Islam memberikan ruhsoh atau keringanan untuk orang-orang yang dalam keadaan tertentu dan mendesak. Karena islam memberikan syariat yang memudahkan para pemeluknya.

  • Bersih dari Sesuatu yang Bisa Mengubah Air

Ada beberapa bahan yang bisa mengubah air. Seperti minyak wangi misik dan za’faron yang bisa mengubah air menjadi minyak wangi itu sendiri. Karena itu, bagian tubuh yang terkena bahan-bahan yang dapat mengubah air tersebut harus dibersihkan terlebih dahulu.

  • Mengetahui Rukun Wudhu 

Syarat sah selanjutnya seseorang yang berwudhu harus tahu rukun berwudhu. Jika tidak tahu mengenai rukun wudhu atau tata cara wudhu, maka pastinya tidak akan melakukan wudhu dengan benar.

Ketika mengetahui rukun wudhu ini juga seseorang harus tahu mana yang masuk dalam rukun dan mana yang masuk dalam sunah wudhu.

  • Menggunakan Air yang Suci

Air yang digunakan dalam berwudhu haruslah air yang benar-benar suci, bersih, dan bukan juga air musta’mal. Orang berwudhu harus yakin, bahwa air yang digunakan benar-benar air yang suci, sehingga sah digunakan untuk berwudhu.

Syarat sah wudhu ini akan membuat wudhu yang dilakukan sah sesuai dengan syariat. Anda harus berhati-hati ketika melakukan wudhu, dan sesuai dengan syarat sah tersebut. 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *