Informasi

Situs Kalender Jawa 2021

Penanggalan kalender jawa tidak sama dengan kalender pada umunya. Dalam kalender jawa menggabungkan dari budaya arab, melayu, dan sedikit budaya barat.. Sama dengan budaya lainnya, dalam budaya jawa sangat kental menganut ajaran nenek moyang. Mereka tidak mau meninggalkan adat dan tradisi yang sudah biasa dilakukan. Beberapa tradisi dalam budaya jawa seperti, menggunakan kalender jawa, membuat acara selamatan saat hari besar, membuat sesajen untuk para leluhur.

Kalender Jawa 2021 Lengkap dengan Wuku

Para masyarakat mempercayai jika menganut sistem weton atau kalender jawa, maka kehidupan yang dijalani akan berjalan dengan lancar. Mereka tidak akan mengalami kesialan. Namun jika tidak melakukan apa yang sudah menjadi tradisi, biasanya ada saja halangan yang terjadi dalam hidup. Misalnya saja mengalami nasib sial, hilangnya kelancaran rezeki, dan putus dengan pasangan.Tanggalan jawa biasa dihitung sebelum melakukan sebuah acara, seperti acara pernikahan, menentukan tanggal untuk pindah rumah, menentukan tanggal buka usaha. 

Situs Kalender Jawa

Masih banyak yang belum mengerti bagaimana cara menghitung sistem kalender jawa. Namun jangan khawatir, karena saat ini sudah ada situs website dan aplikasi. Beberapa situs web bisa melihat bagaimana keadaan dala tanggal dan hari jawa. Untuk harian jawa, terdapat 5 nama hari yaitu pon, wage, legi, kliwon dan pahing. Ada pula yang menjelaskan setiap nilai dalam jumlah tanggal yang sudah ditambahkan. Inilah beberapa situs yang menyediakan kalender jawa dalam web nya :

  1. Popbela.com. Dalam website ini, kita bisa mendapatkan banyak informasi tentang weton, horoskop, informasi artis terupdate dan masih banyak lagi. Di dalam web tersebut juga bisa mengecek bagaima cara perhitungan dalam tanggalan jawa. Lalu juga ada penjelasan tentang weton itu sendiri. Ada daftar lengkap kalender jawa juga disana. 
  2. Tirto id. Website tirto.id menjelaskan tanggalan sawal – selo, dan juga ada hari pasaran dan wuku. Perhitungan kalender masehi berbeda dengan kalender jawa. Untuk tanggalan masehi mengacu pada peredaran bumi mengitari matahari. Sedangkan dalam peredaran kalender jawa mengacu pada bulan mengitari matahari. Pada web tirto.id, disebutkan hari libur nasional terbaru tahun 2021, ada juga daftar cuti bersama. Selain membahas tentang weton, situs tersebut membahas beberapa informasi terkini dan berita juga ada.
  3. Situs walisongo.co.id. sama dengan situs lainnya, dalam walisongo.co.id juga ada tabel kalender jawa untuk tahun ini. Ada juga tabel windu dalam siklus 8 tahun jawa. Selain itu juga terdapat nama dari saptawara.
  4. Situs waktu.id. kita bisa melihat tabel kalender dalam waktu.id. disana dijelaskan pengertian kalender jawa, lalu penjelasan dasar perhitungan tanggalan jawa, dan juga penjelasan tentang kalender jawa. Ada juga penjelasan dari kalender hijriah, dan menghitung masa subur secara online. 
  5. Situs kanalmu.com. dalam situs tersebut, juga dijelaskan pengertian dari kalender jawa. Sehingga kita bisa paham cara menghitung dan maksna yang diberikan. Selain itu ada penjelasan tentang manfaat yang diberikan jika kita bisa memahami kalender jawa.

Baca Juga : Karakteristik Seseorang Dilihat Dari Kalender Jawa

Selain menghitung kalender jawa melalui website, kita juga bisa mencari tahu tentang penanggalan jawa lewat aplikasi. Hanya dengan download di playstore, kita sudah bisa menghitung tanggalan jawa. Beberapa referensi aplikasi kalender jawa yang paling banyak diunduh, yaitu aplikasi kalender hijri pasaran, aplikasi hijriah jawa, aplikasi kalender abadi 2020, dan aplikasi kalender jawa. Dalam aplikasi, kita tidak hanya melihat tampilan kalender jawa dengan desaign yang menarik, namun juga disediakan tanggalan umum nasional dan hal penting lainnya. 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *