Informasi Relationship

Ini Dia Bacaan Doa Ziarah Kubur untuk Orang Tua

Ini Dia Bacaan Doa Ziarah Kubur untuk Orang Tua, Simak Selengkapnya di Sini!

Doa Ziarah Kubur Lengkap dengan Tata Caranya
Sumber: Detikcom

Bulan suci Ramadhan sudah berada di depan mata. Biasanya, masyarakat melakukan ziarah kubur sebelum memasuki bulan suci Ramadhan. Baik ziarah kubur ke makam orang tua, sodara maupun kerabat semuanya dilakukan dengan niat mengirimkan doa ziarah kubur yang disunahkan oleh Rasulullah SAW.

Rasulullah SAW dalam Riwayat Ahmad, Malik dan Nasa’I berkata bahwa “Rasulullah pada suatu malam keluar. Aku pun mengurus Barirah untuk mengikuti beliau agar dapat memperhatikan kemana beliau pergi. Dan ternyata beliau berjalan menuju Baqi’ Al-Garqad. Beliau sedang berdiri dekat Baqi dan mengangkat kedua tanggannya lalu pergi. Keesokan harinya, Aku bertanya kepada Nabi. Aku bertanya “Wahai Rasulullah, kemana engkau pergi tadi malam?” kemudian beliau menjawab “Aku diperintahkan menuju ke penghuni kuburan Baqi untuk mendoakan mereka””.

Tidak hanya itu saja, dalam Hadist Riwayat Tirmidzi, Nabi Muhammad memperbolehkan umat islam berziarah kubur untuk mengingat akhirat. Namun, pada zaman dahulu ziarah kubur sempat dilarang. Kemudian Nabi mengatakan “Dulu aku melarangmu melakukan zairah kubur, namun sekarang lakukanlah ziarah kubur, sebab hal ini akan mengingatkan kalian kepada akhirat”.

Urutan Doa Ziarah Kubur

Tradisi Ziarah Kubur Saat Lebaran, Sains Jelaskan Manfaatnya Halaman all -  Kompas.com
Sumber: Kompas.com

Sebelum melakukan ziarah kubur, ada beberapa doa tahapan sebagai berikut:

Doa memasuki area pemakaman

Besok Mulai Puasa Ramadan, Ini Langkah-langkah Ziarah Kubur |bandung24jam
Sumber: Bandung24jam

Sebelum memasuki area pemakaman, ternyata tidak asal masuk area pemakaman saja lho, ada baiknya kita membaca kalimat doa berikut ini:

“Assalamu alaikum ahlad diyaari minal mu’miniina wal muslimina wa inna insyaa allohu bikum laahiquun nas’alullooha lanaa walakumul aafiyah” 

Artinya: keselamatan semoga tetap tercurahkan kepada para penghuni kubur dari golongan orang-orang mukmin dan orang-orang muslim, sesungguhnya insyaallah kami akan menyusul kalian dan memohon kepada Allah keselamatan untuk kami dan untuk kalian semua.

Baca juga: Arti Dan Filosofi Bunga Matahari

Setelah itu, sebaiknya membaca Al-Qadar 7x, Al-Fatihah 3x, Al-Falaq 3x, An-Nas 3x, Al-Ikhlas 3x, dan membaca ayat kursi sebanyak 3x. berikut merupakan doa ayat kursi yang bisa dipanjatkan:

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

Allahu la ila ha illahuwal hayyul qayyum, la ta khuzuhu sinatuwwala na um, lahu ma fissamawati wama fil ard, man zalladzi yasfa’u indahu illa bi iznih, ya’ lamu ma baina aidiim wama khalfahum wala yuhituna bisyai im ilmihi illa bima sya, wasi a kur siyyuhussamawati wal ard, wala ya udduhu hifzuhuma, wa huwal aliyyul azim.

Artinya: Allah tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Allah yang hidup kekal terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya yang ada di langit dan yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi safaat di sisi Allah tanpa seizing Allah. Allah mengetahui apa yang ada di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak tahu apapun dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi, dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, maka Allah maha Tinggi lagi Maha Besar.

Doa ziarah kubur

Kala Kamis Petang, Ajak Keluarga untuk Ziarah Kubur | NU Online Jatim
Sumber: NU Online Jatim

Setelah itu, selanjutnya adalah membacakan doa ziarah kubur. Berikut doa nya:

Allahumarham ghurbatahu, wa shil wahdatahu, wa anis wahsyatahu, wa amin rawatahu, wa askin ilayhi min rahmatika yastaghini biha’ an wahmain min siwaka, wa alhiqhu biman kana yatawallahu. 

Artinya: Ya Allah kasihi keterasingannya, sambungkan kesendiriannya, hiburlah kesepiannya, tentramkan kekhawatirannya dan tenangkan ia dalam rahmat-Mu yang dengannya mereka tidak membutuhkan kasih sayang selain dari-Mu dan susulkan mereka pada orang yang mereka cintai.

Baca juga: Tafsir Mimpi Rumah Terbakar Dengan Berbagai Arti

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *