berkebun
Hobby

Ingin Mulai Hobi Berkebun? Ketahui Dulu Hal-Hal Ini!

Pernahkah Anda iri saat melihat halaman tetangga yang penuh dengan tanaman bunga dan juga buah?

Selain membuat hunian tampak asri dan sedap dipandang, menanam berbagai jenis tumbuhan juga menguntungkan karena buahnya bisa dipetik dan dikonsumsi.

Begitu juga dengan tanaman sayur dan rempah, hasilnya bisa dinikmati keluarga sehingga biaya belanja akan berkurang. Tapi sebelum mulai hobi berkebun Anda, ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh para pemula:

1. Berkebun butuh air, dan air tidak gratis

Jangan kaget kalau tagihan air jadi membengkak begitu Anda memulai hobi berkebun. Sebab untuk tumbuh dengan baik, tanaman sangat membutuhkan air.

Di awal Anda mungkin tidak akan merasakan hal ini karena tanaman yang masih kecil hanya membutuhkan sedikit sekali air. Tapi begitu tanaman sudah besar apalagi mulai menjadi pohon, ada lebih banyak air yang dibutuhkan dan hal ini jelas memperbesar tagihan bulanan.

Tapi jangan berhenti berkebun gara-gara hal ini, ya! Anda bisa menyiasatinya dengan menampung air hujan untuk menyiram tanaman sehingga tagihan air tak terlalu membengkak.

2. Tanaman butuh makanan

Bukan cuma manusia yang butuh makan, tanaman juga butuh. Jangan berharap tanaman Anda bisa tumbuh besar, subur, dan menghasilkan buah yang manis jika tidak pernah diberi pupuk.

Pupuk kompos bisa jadi alternatif murah untuk menyuburkan tanaman. Tapi untuk hal lain misalnya saja membuat buah jadi lebih besar dan manis atau untuk menghindarkan tanaman dari ulat dan serangga, Anda butuh pupuk kimia yang tentu harganya tidak murah.

Apalagi kalau halaman Anda luas dan ada banyak tanaman di sana, maka siapkan budget sendiri untuk memberi makan tanaman Anda.

3. Mulai dari hal yang kecil terlebih dahulu

Kalau Anda merupakan pemula dalam hal berkebun, jangan langsung memulai dari tanaman dalam jumlah banyak apalagi langsung membeli tanaman yang sudah besar.

Anda bisa membeli bibit tanaman dalam jumlah 5 hingga 10 jenis, kemudian tumbuhkan di pot. Meski terlihat sepele, untuk merawat tanaman setiap harinya dibutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Jika langsung memulai dengan hal besar, maka Anda akan merasa kewalahan dan tidak bisa merawat tanaman dengan maksimal. Kalau sudah begitu, tanaman akan mudah mati dan Anda pun tentu merasa kecewa.

4. Tak perlu membandingkan dengan tanaman orang lain

Merawat tanaman sama halnya seperti membesarkan anak. Setiap tanaman memiliki pertumbuhan berbeda tergantung pada jenis tanah, cahaya matahari yang diterima, dan juga perawatan yang diberikan.

Jadi jangan heran kalau misalnya tanaman tetangga sudah berbuah sedangkan punya Anda belum, padahal ditanam di waktu yang bersamaan. Siapa tahu meski lambat tumbuh, namun buah tanaman Anda jauh lebih besar dan manis?

5. Perbanyak pengetahuan

Untuk membesarkan tanaman yang indah dan subur dibutuhkan banyak teknik yang tidak diketahui semua orang.

Anda perlu memperbanyak membaca informasi mengenai berkebun atau bertanya kepada mereka yang sudah menekuni hobi ini selama bertahun-tahun.

Berkebun bisa dibilang merupakan salah satu hobi yang menguras waktu dan tenaga. Tapi begitu sudah melihat hasilnya, tentu Anda akan merasa sangat bahagia.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *